Tips Mengelola Keunagan Bagi Pasangan Muda
Tips Mengelola Keunagan Bagi Pasangan Muda | Mengelola Keuangan adalah langah yang penting agar rumah tangga berjalan dengan baik

Mengelola keuangan itu tidak mudah, akan tetapi jika kita tidak lakukan, maka keuanganmu akan tidak sehat. Mengelola keuangan itu sangat penting, dan harus bisa mengaturnya dengan benar, dan konsisten.

Jika kita mengatur keuangan dengan baik, maka akan menjadi kebiasaan yang mudah untuk dilakukan. Mengelola keuangan saat masih lajang dengan saat kita sudah berumah tangga tentunya berbeda. Karena kita tidak bisa mengambil keputusan sendiri.

Apalagi bagi pasangan muda yang baru saja menikah, maka harus benar-benar melakukan pengelolaan keuangan yang tepat. Sebagai pasangan muda, kita harus pandai dalam mengelola keuangan. Apa saja sih tipsnya?

Tentukan Kebutuhan Prioritas

Mengelola keuangan bagi pasangan muda itu yang pertama harus dilakukan adalah menentukan kebutuhan prioritas. Kebutuhan prioritas setiap rumah tangga itu berbeda-beda.

Oleh karena itu, dalam menentukan prioritas yang bisa kita lakukan adalah mengelompokkan kebutuhan yang benar-benar utama, selanjutnya baru kita bisa menambahkan kebutuhan pendukung lainnya.

Kebutuhan prioritas ini misalnya seperti pembayaran tagihan dan cicilan. Baru setelah itu uang kita gunakan untuk pembelanjaan kebutuhan lainnya.

Menyusun Anggaran Bulanan

Menyusun anggaran bulanan sangat penting, sebabnya dengan kita membuat susunan anggaran akan mengetahui berapa yang harus kita keluarkan setiap bulannya. Dengan menyusun anggaran kita bisa menyesuaikan dengan pendapatan, sehingga tujuan dan rencana kita bisa tercapai di masa depan.

Kita harus menyusun anggaran bulanan secara tepat. Misalnya dengan menghitung semua pendapatan dan pengeluaran selama satu bulan. Lakukan langkah ini setiap bulan dan secara konsisten.

Sisihkan Dana Tabungan dan Investasi

Jika kita telah membuat dan menyusun anggaran bulanan, serta menentukan kebutuhan prioritas, maka selanjutnya adalah dengan menabung dan berivestasi. Kita bisa menabung dan berinvestasi dengan cara menyisihkan sekian pesrsen dari penghasilan bulanan.

Cara ini juga menjadi jaminan bagi kita jika suatu saat membutuhkan dana darurat. Selain itu juga menambah kesuksesan di masa mendatang.

Komunikasi dan Evaluasi

Setiap pasangan atau rumah tangga memiliki caranya masing-masing dala, mengatur keuangan. Namun yang perlu diingat adalah, mengatur keuangan rumah tangga dengan sendiri itu berbeda. Sebab konsepnya adalah mengelola bersama, maka sangat penting untuk terus berkomunikasi dan saling terbuka dengan pasangan. Tujuan komunikasi adalah agar lebih mudah saat kita mengalami atau mendapatkan sebuah permasalahan.

Setelah berkomunikasi, langkah selanjutnya adalah dengan cara membuat evaluasi secara berkala dan bertahap. Jika bulan lalu ada kekurangan dalam mengelola keuangan, maka bulan selanjutnya segera perbaiki. Sebab dengan cara evaluasi seperti ini akan meringankan dan mempermudah pengelolaan keuangan di bulan selanjutnya.

Lakukan dengan Konsisten

Nah jika semuanya sudah kita lakukan, maka jangan berhenti di bulan pertama maupun kedua saja. Akan tetapi lakukan cara di atas secara konsisten. Jika kita melakukan terus menerus, maka mengelola keuangan bagi pasangan muda itu mudah. Kunci dari semua ini adalah mengatur keuangan dengan baik dan konsisten.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.