Tips Investasi Untuk Pemula
Tips Investasi Untuk Pemula

Sebelumnya Smangap.com pernah buat artikel tentang tips mengelola keuangan bagi pasangan muda. Nah kali ini kami akan memberikan tips memulai investasi untuk pemula.

Investasi itu sangat penting. Sebab, jika kita berinvestasi dengan baik dan terencana, maka akan menghasilkan kekayaan. Tapi, tak semua investasi itu menghasilkan loh, ada juga yang merugikan. Karena berinvestasi itu memerlukan rencana yang baik dan harus diperhitungkan dengan matang.

Berikut ini kami rangkum tips investasi untuk pemula. Kami berikan 5 tips agar teman-teman yang ingin berinvestasi menghasilkan dengan baik.

Tentukan Tujuan Investasi

Saat kita ingin berivestasi, maka yang pertama harus dilakukan adalah dengan menentukan tujuan investasi. Tujuan itu sangat penting, karena untuk menentukan goals kita dalam berinvestasi.

Jika kita tidak memiliki tujuan, maka kemungkinan besar investasinya akan kacau dan berantakan. Oleh karena itu, buatlah tujuan investasi, misalnya ingin melanjutkan pendidikan, membeli rumah, membeli kendaraan, untuk berlibur, untuk menikah, dan lain sebagainya.

Jangan Menunda Investasi

Investasi itu tidak bisa ditunda. Karena sampai kapan jika kita menunda investasi. Sebab jika menunda atau menunggu waktu yang tepat, maka kita tak akan menemukan waktu yang tepat untuk berivestasi.

Jadi, mulai dari sekarang kita harus berivestasi. Menunda itu tak baik, apalagi menunda investasi. Jika kita berpikir, setahun ke depan lag akan berinvestasi, maka ketika tahun depan itu datang, kita akan menunda lagi. Dan hal ini akan terus berulang.

Pasang Target

Pasang target itu sangat penting dalam berinvestasi. Nah untuk memasang target, seorang investor itu harus merancang dan membuat target kapan dan berapa nilai investasi yang dibutuhkan untuk mencapai terget investasi.

Jadi seperti apa sih tergetnya? Contoh yang paling nyata dan sederhana adalah, misalnya tahun depan ingin membeli rumah baru, membeli kendaraan dalam dua tahun ke depan, dan lain sebagainya. Itulah yang dinamakan pasang target yang jelas. Dengan memasang target, kita bisa lebih serius dan menambah motivasi dalam berinvestasi.

Jangan Malas Belajar

Yang menjadi persoalan serius adalah, terkadang kita itu malas belajar. Perlu diketahui bahwa setiap investasi itu memiliki risiko. Jadi kita sebagai investor harus terus belajar dan mengupgrade diri untuk terus belajar.

Selain itu, kita sebagai investor harus sering bertanya kepada orang yang telah berpengalaman dan berinvestasi. Mintalah pendapat serta investasi jenis apa yang menguntungkan. Jadi, intinya kita tidak boleh malas dalam belajar, apalagi dengan berinvestasi.

Inevstasikan Dana Secara Konsisten

Tips yang terakhir ini sangat penting dan harus dilakukan. Ketika sudah terjun dan berinvestasi, maka harus dilakukan secara konsisten. Sebab, konsistensi adalah kunci dalam keberhasilan.

Alokasikan dana untuk investasi secara konsisten dari pendapatan bulanan kita. Standarnya ambil 30 persen dari jumlah pendapatan kita untuk berinvestasi. Lakukan secara konsisten. Maka investasi kita akan berhasil.

Nah itulah tips investasi untuk pemula. Jika sudah membaca, lakukan investasi mulai dari sekarang, ya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.