Tips Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Tips Cara Menghilangkan Ketombe Secara AlamiTips & Cara Smangap.Com | Paparan sinar matahari dalam waktu yang lama selain dapat membuat rambut kering juga dapat menyebabkan timbulnya ketombe. Hal tersebut dikarenakan kulit kepala yan kering dan mengelupas kemudian menumpuk dirambut. Perlu anda ketahui bahwa ketombe merupakan lapisan sel kulit mati yang mengelupas dan bukanlah kotoran dari polusi udara. Selain paparan sinar matahari, beberapa penyebab timbulnya ketombe yakni penggunaan shampo yang berlebihan, jamur, sebum atau minyak alami rambut, penyakit  tertentu, dan masih banyak laginnya.  Meskipun saat ini sudah banyak shampo anti ketombe namun cara alami dapat menjadi solusi terbaik karena tidak menggunakan bahan kimia sehingga kesehatan kulit kepala dan rambut anda dapat terjaga. Ketombe sendiri merupakan salah satu masalah yang kerap dialami baik pria maupun wanita. Namun pada kebanyakan khasus ketombe lebih banyak dialami oleh orang yang rambutnya selalu terpapar sinar matahari.

Ketombe tidaklah berbahaya karena tidak menular dan bisa dikatakan masalah yang wajar. Namun karena seringnya menggaruk kulit kepala mungkin anda akan mengalami kerontokan rambut sementara. Selain itu tentunya ketombe juga dapat menyebabkan rasa malu karena terkesan kurang menjaga kebersihan dan kesehatan. Nah bagi anda yang mempunyai ketombe anda dapat mencoba beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami yang akan dibahas pada kesempatan kali ini.

Setidaknya ada 5 bahan alami untuk menghilangkan ketombe di rambut tanpa mengganggu kesehatan kulit kepala serta rambut anda. Bahan alami tersebut yakni garam, lidah buaya, minyak almon, jeruk nipis, dan minyak zaitun. Langsung saja berikut ini cara penggunaanya.

Tips Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

1. Minyak zaitun
Bahan alami ini dapat anda beli di bagian bahan-bahan dapur di supermarket. Cara penggunaanya yakni balurkan minyak zaitun secukupnya pada kulit kepala, lakukan pula pemijatan secara perlahan. Setelah itu diamkan selama 30 menit, barulah keramas seperti biasa untuk membersihkan rambut anda.

2. Daging lidah buaya
Lidah buaya atau aloevera ini bersifat mendinginkan serta menyehatkan kulit kepala anda. Cara penggunaanya yakni dengan menghaluskan daging lidah buaya secukupnya, setelah itu oleskan pada kulit kepala anda. Diamkan selama 15 menit dan langkah terakhir yakni membersihkan rambut dengan keramas seperti biasa.

3. Jeruk nipis dan santan
Kedua campuran bahan alami ini ternyata cukup efektif untuk menghilangkan ketombe. Cara penggunaanya yakni dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dan santan segar, masing-masing dengan takaran 100 ml. Setelah tercampur rata kemudian oleskan pada kulit kepala anda secara merata sambil lakukan pemijatan secara perlahan. Setelah itu diamkan dulu selama 30 menit barulah bersihkan dengan keramas seperti biasa.

4. Garam
Cara menghilangkan ketombe dengan garam yakni dengan membasahi rambut serta kulit kepala terlebih dahulu kemudian taburkan garam secukupnya keseluruh kulit kepala anda. Setelah itu, anda bisa meggosok-gosokan garam tersebut dengan perlahan. Langkah trakhir yakni bilas menggunakan shampo sampai bersih.

5. Minyak almon
Untuk menggunakan minyak almon, anda bisa mengoleskan minyak almon pada kulit kepala sampai merata. Setelah itu lakukan pemijatan dengan lembut dan perlahan. Gunakanlah handuk untuk membungkus kepala, namun terlebih dahulu handuk dicelupkan ke air hangat. Setelah itu bersihkan rambut anda menggunakan shampo.

Cobalah menerapkan salah satu cara menghilangkan ketombe diatas secara rutin agar ketombe hilang. Tidak ada jaminan apakah ampuh atau tidak, yang pasti anda patut mencoba cara diatas. Sekian tips kesehatan kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk anda. ^^

 

Artikel Terbaru Kali ini semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Dan jangan lupa menekan Tombol Share Facebook/Twitter/G+ untuk memberi tahu teman-teman anda yang lain agar kita bisa “BERBAGI KEBAIKAN LEWAT INTERNET…” melalui blog Smangap.Com.

Tips Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.