Tips Cara Memilih Kartu Memori untuk Smartphone

Tips Cara Memilih Kartu Memori untuk SmartphoneTips & Cara Smangap.Com | Tidak bisa dipungkiri, memory card menjadi salah satu aksesoris smartphone yang paling penting. Seiring dengan spesifikasi dan kemampuan smartphone ataupun gadget lainnya yang semakin meningkat, kebutuhan terhadap media penyimpanan seperti memory card pun juga meningkat, terutama bagi mereka yang menggunakan smartphone dengan kapasitas internal memory yang kecil.

Kebanyakan dari Toppers mungkin menganggap memory card hanya sebagai media penyimpanan. Tapi nyatanya selain sebagai media penyimpanan data, memory card juga dapat mempengaruhi kecepatan kinerja smartphone kamu loh, Toppers. Salah memilih memory card, bisa saja menurunkan kinerja dan membuat smartphone kamu menjadi lemot. Maka dari itu, jangan lupa perhatikan 4 hal di bawah ini sebelum kamu membeli memori card yah.

1. Ukuran fisik

Pada dasarnya memory card untuk smartphone ada dua jenis, yaitu mini SD yang berukuran 21,5×20 mm dan micro SD yang berukuran 11×20 mm. Sebelum membeli, ada baiknya kamu memastikan terlebih dahulu memory card jenis mana yang digunakan oleh smartphone kamu. Jangan sampai sudah membeli, ternyata memory card tersebut tidak sesuai dengan space yang tersedia di smartphone kamu. Tapi akan lebih baik jika kamu membeli memory card yang dijual sepaket dengan adaptor SD card agar memudahkan kamu saat ingin men-transfer data ke perangkat lain seperti laptop.

2. Kapasitas penyimpanan data

Dilihat dari spesifikasi dan kapasitas penyimpanan datanya, memory card untuk smartphone dibagi menjadi 3 jenis, yakni SD card (Secure Digital), SDHC (Secure Digital High Capacity) dan SDXC (Secure Digital Extended Capacity ). SD card sendiri merupakan jenis memory yang paling sering digunakan oleh para pengguna smartphone dan gadget lainnya. Didukung dengan format file FAT16, memory ini memiliki kapasitas penyimpanan data dari 32 MB hingga 2 GB.

Sedangkan SDHC sendiri merupakan pengembangan dari SD card, dimana desainnya tetap sama, hanya saja kapasitas dan kecepatan kinerjanya yang berbeda. Menggunakan format file FAT32, SDHC memiliki kapasitas penyimpanan mulai dari 2 GB hingga 32 GB. Dan yang terakhir, SDXC yang merupakan jenis memory card terbaru yang memiliki kecepatan transfer dan kapasitas penyimpanan paling besar ini menggunakan format file ExFAT. Nah memory yang satu ini sangat cocok untuk Toppers yang suka menyimpan banyak lagu, gambar dan mendownload banyak aplikasi, karena kapasitas penyimpanan datanya sendiri mencapai 32 GB hingga 2 TB. Sayangnya, tidak semua smartphone mendukung penggunaan SDXC ini.

Oyah, tapi jangan asal memilih memory card dengan kapasitas penyimpanan yang besar yah, Toppers. Kamu juga harus menyeimbangkan dengan kebutuhan dan spesifikasi smartphone kamu. Karena jika spesifikasinya rendah, penggunaan memory card dengan kapasitas besar justru akan membuat kecepatan kinerja smartphone kamu jadi menurun.

3. Kecepatan transfer data

Saat memilih memory card, kamu juga harus memperhatikan label class yang menjadi penanda kecepatan baca dan tulisnya. Setiap jenis memory card pun memiliki kelas dan kecepatan yang berbeda-beda. Tingkat kecepatan memory card biasanya dikelompokkan dengan angka-angka, yang terdiri dari lima kelas yaitu Class 2, Class 4, Class 6, Class 8 dan Class 10. Class 2 memiliki kecepatan tulis minimum 2 MB/s atau kecepatan 13 kali, Class 4 memiliki kecepatan tulis minimum 4 MB/s dan kecepatan 26 kali, Class 6 memiliki kecepatan tulis minimum 6 MB/s atau kecepatan 30 kali, Class 8 memiliki kecepatan tulis minimum 8 MB/s atau kecepatan 40 kali, dan Class 10 memiliki kecepatan tulis minimum 10 MB/s atau kecepatan 66 kali.

4. Pilih merek berkualitas

Merek dan harga memang berbicara kualitas. Oleh karena itu, saat ingin membeli memory card, lebih baik kamu melirik brand-brand yang memang sudah terkenal di dunia memory card seperti SanDisk, Transcend, V-Gen dan sebagainya. Selain itu, merek-merek yang berkualitas biasanya juga menyediakan garansi bagi memory card yang kamu beli. Namun kamu juga harus jeli dalam memilih karena saat ini banyak sekali memory card palsu yang beredar dan dilabeli dengan merek yang sudah terkenal. Jangan mudah tergiur begitu saja dengan memory card merek terkenal yang dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran. Selain itu, pastikan pula kondisi memory card yang kamu beli masih bersegel dan kemasannya masih utuh saat membelinya.

Artikel Terbaru Kali ini semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Dan jangan lupa menekan Tombol Share Facebook/Twitter/G+ untuk memberi tahu teman-teman anda yang lain agar kita bisa “BERBAGI KEBAIKAN LEWAT INTERNET…” melalui blog Smangap.Com.

 

Tips Cara Memilih Kartu Memori untuk Smartphone

4 KOMENTAR

    • iya pak betul cuman kadang kan budget orang beda2 buat beli kartu memori, ada yg memilih harga ekonomis tapi ada yg memilih juga kinerja tinggi 😀

  1. biasannya kalau mau membeli kartu memori mah langsung beli dan bawa pulang, kebanyakan yang paling diperhatikan bagi pembeli ya itu .. merk dari kartu memori nya 😀

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.