Jack Ma Pendiri Alibaba Grup
Jack Ma Pendiri Alibaba Grup

Saat ini perkembangan dunia teknologi, khususnya internet semakin berkembang. Dengan perkembangannya yang begitu cepat, maka berbanding lurus dengan munculnya pengusaha di bidang digital.

Sekarang, sebagian besar masyarakat dunia dalam melakukan transaksi jual-beli, mereka menggunakan internet. Internet menjadi salah satu tempat bisnis yang sangat menggiurkan bagi yang mengetahui ceruk pasarnya.

Pendiri-pendiri perusahaan digital atau yang bergerak di dunia digital saat ini tengah menikmati hasil jerih payahnya beberapa tahun lalu. Jef Bezos mendirikan marketplace Amazon, Mark Zuckerberg mendirikan Facebook, Jack Ma mendirikan Alibaba Grup, dan lain sebagainya.

Nah kali ini saya akan membahas tiga pelajaran penting yang diajarkan Jack Ma, pendiri Alibaba Grup bagi para entrepeneur.

Semoga dengan adanya tips atau pelajaran ini, Anda bisa mengelola bisnis dengan baik dan berhasil seperti apa yang dilakukan oleh Jack Ma.

Membangun Merek / Brand

Membangun Merek
Membangun Merek adalah hal yang paling utama saat Anda ingin membuat bisnis

Dalam membangun bisnis di dunia digital seperti sekarang, merek adalah hal paling utama. Sebelum menjalankan bisnis, Anda harus membuat merek terlebih dahulu.

Sebab merek itu menjadi identitas Anda atau dapat diidentfikasi oleh konsumen. Ketika membuat merek, bikinlah yang sesuai dan harus mengandung filosofi. Jangan membuat nama asal-asalan.

Marketing

Digital Marketing
Digital Marketing

Setelah membuat nama atau merek, langkah selanjutnya adalah dengan mempromosikan atau memasarkannya kepada orang yang tepat. Target pasar yang tepat sangat berguna bagi berhasil tidaknya promosi yang Anda jalankan.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan fokus pada strategi digital, misalnya memprioritaskan kata kunci pada deskripsi produk yang Anda jual.

Dalam melakukan promosi, hal yang perlu digaris bawahi adalah Anda harus menjual gaya hidup, bukan hanya produk saja. Sebab, harus terhubung secara emosional.

Analisis Data

Analisis Data
Analisis Data yang baik dan rinci akan membuat bisnis Anda cepat sukses

Ketika bisnis Anda sudah mulai berjalan, maka saatnya Anda untuk menganalisa data pelanggan Anda. Sebab untuk menarik kembali para pembeli, Anda memerlukan data pelanggan atau mengenal pelanggan Anda.

Sebisa mungkin perusahaan atau bisnis yang Anda jalankan memiliki analis data secara rinci. Karena setiap orang atau pelanggan memiliki perilaku yang berbeda-beda, maka dengan data yang sangat rinci, Anda bisa menawarkan ke setiap pelanggan dengan cara yang berbeda.

Jika misalnya pelanggan Anda saat ini sedang mencari perlengkapan bayi, maka di tahun mendatang, atau dua tahun kemudian, Anda bisa menargetkan atau menawarkan produk pakaian untuk anak-anak.

Analisis data seperti itu yang harus dilakukan oelh bisnis yang Anda jalankan. Dengan mengenali para pelanggan, maka bukan hal yang mustahil perusahaan Anda akan cepat lebih sukses dibanding dengan perusahaan yang tidak memiliki analisis data.

Dari tiga pelajaran di atas, jika Anda lakukan dengan konsisten, maka bisnis yang Anda jalankan akan lebih cepat sukses. Merek, Marketing, dan analisis data. Apakah bisnis Anda sudah menerapkan ketiga poin ini? Jika belum, Anda bisa memulainya dari sekarang. Smangap!

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.