Sehat Tanpa Mabuk Selama Perjalanan, Lakukan Cara Berikut
Sehat Tanpa Mabuk Selama Perjalanan, Lakukan Cara Berikut

Sehat Tanpa Mabuk Selama Perjalanan, Lakukan Cara Berikut. Mabuk perjalanan kadang membuat kita kehilangan selera menikmati perjalanan. Gimana mau menikmati perjalanan, kalo bawaannya muel, pusing bahkan pengen muntah. Sayang banget kan, kalo lagi traveling ke tempat bagus, malah mabuk perjalanan. Belum lagi biasanya sering dicemoohkan teman karena gak bisa diajak seru-seruan.

Nah, biar perjalananmu tidak terganggu dan kamu bisa menikmati perjalanan bersama teman, kamu perlu menyiapkan beberapa hal di bawah ini agar tetap sehat dan terhindar dari mabuk perjalanan.

Sehat Tanpa Mabuk Selama Perjalanan, Lakukan Cara Berikut!

  • Usahakan perut tidak dalam keadaan kosong atau kekenyangan

Dulu, banyak orang beranggapan jika kita mengosongkan perut maka akan meringankan mabuk perjalanan. Tapi ternyata mengosongkan perut saat dalam perjalanan, sebaiknya tidak dilakukan. Lebih baik melakukan perjalanan dalam keadaan lambung terisi. Tapi hindari pula makan terlalu banyak.

Memakan cemilan ringan dan makanan dalam porsi kecil merupakan pilihan yang paling tepat untuk menghindari perut kosong atau kekenyangan dalam perjalanan

  • Bawalah makanan yang tidak menimbulkan rasa eneg

Untuk persediaan selama dalam perjalanan, bawalah makanan yang tidak menimbulkan rasa enek seperti permen jahe, mint yang mampu memproduksi air libur lebih banyak sehingga dapat menetralkan asam lambung. Nah, pastikan makanan yang kamu bawa tidak mengandung perasa buatan. Jika rasa jahe, maka harus terbuat dari jahe asli. Begitupun dengan mint.

  • Bawa dan oleskan minyak angin atau aromaterapi di sekitar pusar

Sebelum berangkat, kamu bisa mengoleskan minyak angin atau aromaterapi  di sekitar pusar. Hal ini bisa menghangatkan perut kamu. Untuk persediaan selama perjalanan, bawa serta minyak angin atau aromaterapi.

  • Duduklah di kursi yang minim guncangan

Rasa mual kadang timbul karena perut mendapatkan banyak guncangan terutama bangku bagian belakang. Maka, untuk menghindari guncangan, pilihlah tempat duduk di depan yang minim akan guncangan.

  • Tetap tenang

Tetaplah tenang dengan menarik nafas dalam-dalam, atur sirkulasi udara, buatlah posisimu senyaman mungkin. Stabilkan juga kepala kamu dengan menyandarkan kepala pada sandaran kepala di belakang agar tetap stabil.  Atau gunakan bantal leher juga dapat membantu menjaga menstabilkan posisi kepala kamu.

  • Nikmati perjalanan dengan melihat pemandangan sekitar

Salah satu cara untuk mengatasi mabuk perjalanan, kamu bisa mengalihkan perhatian dengan melihat permandangan sekitar. Jika diperlukan, bukalah kaca jendelanya agar kamu bisa menghirup udara segar di luar.

  • Alihkan fokus dengan hal lain tapi hindari mobile phone, games atau buku

Berkonsentrasi pada objek visual seperti yang ada dalam mobil (gadget dan buku) dapat menyebabkan peningkatan ketidaksesuaian antara mata dan seluruh tubuh. Apabila kamu perlu hiburan untuk mengalihkan fokus, lebih baik kamu mendengarkan musik. Karena musik bisa membuat kamu rileks bahkan sampai tertidur.

Mendengarkan musik dapat membuat perasaan kamu tenang dan rileks.

Semoga dengan menjalankan 7 persiapan di atas, kamu bisa menikmati perjalanan dan terhindar dari mabuk perjalanan. Selamat mencoba dan selamat melakukan perjalanan.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.