Apa sih Penyebab Utama Startup Gagal?
Apa sih Penyebab Utama Startup Gagal?

Indonesia adalah salah satu negara dengan perkembangan startup yang tinggi di dunia. Hal ini bisa kita lihat bahwa hampir setiap hari startup lahir di Indonesia. Mulai dari ecommerce, SaaS, Media, Fintech, dan lain sebagainya.

Startup fintech menjadi startup yang paling mendominasi startup di Indonesia. Banyak anak muda yang tergiur dengan bekerja di dunia startup atau bahkan mendirikan startup. Tapi, mendirikan startup tidak semudah yang kamu bayangkan.

Jika kamu bisa membangun startup dan berhasil, maka kekayaan akan mudah menghampirimu. Kita bisa berkaca pada pendiri-pendiri startup dunia seperti Mark Zuckerberg (Facebook), Jack Ma (Alibaba Group), Elon Musk (Tesla & Space X) dan lain sebagainya. Di Indonesia tentu banyak juga yang sudah berhasil, misalnya Nadiem Makariem (Go-Jek), Achmad Zaki (Bukalapak), dan deretan pendiri startup lainnya.

Dengan banyaknya startup yang lahir, tapi banyak juga yang gagal atau tumbang di tengah jalan. Ada beberapa hal yang membuat startup bisa gagal.

Apa sih Penyebab Utama Startup Gagal?

Yuk simak artikel smangap di bawah ini agar saat kamu mendirikan startup bisa berhasil. Berikut ini 5 hal yang bisa menyebabkan startupmu gagal.

Tidak memiliki Perencanaan yang Jelas

Pernahkan kamu melihat ada startup yang baru saja lahir, tapi tidak berselang lama, startup tersebut gagal? Mungkin salah satu yang membuat gagal adalah tidak memiliki perencanaan yang jelas.

Dalam mendirikan startup, yang pertama kamu lakukan adalah dengan memiliki perencanaan yang jelas. Hal ini tidak untuk startup saja sih, akan tetapi untuk semua yang akan mendirikan bisnis usaha apapun.

Sebab dengan memiliki perencanaan jelas akan mensukseskan startup yang kamu bangun. Artinya bahwa memiliki perencanaan jelas salah satu menghindari startupmu gagal.

Tidak Memiliki Modal

Siapa bilang mendirikan startup itu tanpa modal. Membangun startup itu perlu modal. Modal di sini tidak selalu soal uang ya. Akan tetapi tidak dipungkiri bahwa uang juga sangat dibutuhkan bagi startup.

Namun tidak selamanya seperti itu sih. Karena banyak startup yang memiliki uang juga gagal di tengah jalan.

Sebenarnya yang dinamakan modal adalah meliputi kemampuan, tim, uang, dan pengelolaan. Jika kamu tidak memiliki modal, maka tunggu atau pending dulu keinginan mendirikan startup.

Tidak Memanfaatkan Peluang

Nah ini salah satu hal penting bagi kamu yang ingin mendirikan startup. Kamu harus memiliki rasa ‘peka’ terhadap kondisi lingkungan. Peluang itu bentuknya bisa apa saja kok, contohnya kolaborasi atau kerjasama, permintaan pasar dan konsumen, permasalahan yang ada di masyarakat, dan lain sebagainya. Kamu harus bisa mengambil peluang yang ada secepat mungkin, agar startupmu bisa berkembang.

Tidak Adanya Konsep yang jelas

Salah satu hal penting untuk mendirikan startup adalah dengan memiliki konsep yang jelas. Sebenarnya sih boleh-boleh saja meniru startup yang sudah ada, tapi yang perlu kamu ketahui adalah kamu harus memodifikasi dan memberikan ide yang lebih segar.

Gampang Menyerah

Mungkin ini salah satu yang banyak dirasakan oleh pendiri startup. Menyerah memang menjadi permasalahan yang besar bagi pendiri startup. Tahukan bagaimana seorang Thomas Alfa Edison ketika ia menciptakan bohlam? Ia membuatnya ratusan kali percobaan.

Oleh karena itu, ketika ingin mendirikan startup kamu jangan mudah menyerah, ya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.