Pengaruh Suatu Warna Dalam Dunia Bisnis

Pengaruh Warna Terhadap Konsumen
Smangap.Com | Warna dalam media komunikasi non-verbal menjadi metode yang paling cepat memberikan kesan, menyampaikan pesan, dan mengekspresikan suatu makna. Dalam dunia bisnis warna dianggap sebagai “the silent sales person” yang mampu menarik minat para pembeli.
Warna menjadi salah satu daya tarik utama bagi setiap calon pembeli yang hendak membeli sebuah produk. Sebuah warna haruslah digunakan dengan penuh pertimbangan terhadap bisnis dan apa yang akan dijualnya. Salah satu alasannya adalah untuk lebih meningkatkan penjualan produk di pasar.
Warna sendiri jika kita terapkan dalam konsep berbisnis akan memberikan pengaruh terhadap konsumen, karena :

1. Warna Memberikan Cerita

Pengaruh Suatu Warna Dalam Dunia Bisnis 1
Jika kita hendak mendirikan suatu toko dengan tema tertentu misal kita akan membuka suatu toko tanaman maka baiknya kita memberikan warna yang bertema dengan alam seperti hijau. Atau misal kita hendak mendirikan suatu toko mainan anak-anak/bayi, maka baiknya warna yang diberikan adalah warna cerah dengan motif warna-warni atau warna pastel. Dengan begitu konsumen akan lebih mudah mengenali dan mengingatnya.

2. Memberikan Kenyamanan Kepada Konsumen

Pengaruh Suatu Warna Dalam Dunia Bisnis 2
Warna yang sesuai dengan tema akan memberikan kesan indah dan nyaman bagi pelanggan yang datang. Mereka akan merasa datang ke tempat yang benar saat mereka butuh sesuatu. Warna yang sesuai dengan konsep dan pernak pernik tambahan akan memberikan kesan nyaman dan betah bagi pelanggan yang datang. Mereka seolah–olah ingin datang kembali dan menikmati suasana yang ada di toko ente.

3. Dapat Menarik Konsumen

Pengaruh Suatu Warna Dalam Dunia Bisnis 3
Dengan memberikan warna yang cerah atau menarik, maka konsumen dapat tertarik untuk melihat produk tersebut karena warna memiliki daya tarik yang kuat. Mereka akan terlebih dahulu melihat warna yang ada, selanjutnya baru melihat bentuk dari produk tersebut.
Sebagai contoh penggunaan warna kuning dalam suatu produk. Warna ini akan memberikan daya tarik tersendiri terhadap suatu produk karena warna kuning adalah warna yang pertama dirangsang oleh retina manusia.

4. Membangun Pengenalan Merek

Pengaruh Suatu Warna Dalam Dunia Bisnis 4
Merek menjadi pengenal sebuah produk di masyarakat. Untuk itu terkadang sebuah merek akan dibuat desain logo yang menarik dengan warna khas dimana nantinya akan digunakan pada kebutuhan penjualan suatu produk. Warna inilah yang akan membantu konsumen membedakan berbagai macam merek dan produk serta juga kualitas dari masing-masing produk yang dikeluarkan oleh merek tersebut.

5. Warna Memberikan Emosi Tersendiri

Pengaruh Suatu Warna Dalam Dunia Bisnis 5
Penggunaan warna harus benar–benar disesuaikan dengan jenis dan fungsi dari produk yang dijual. Jangan sampai warna yang digunakan salah peletakannya dan memberikan emosi negatif bagi yang melihatnya. Selain mempengaruhi emosi, dijamin produk yang dijual tidak akan laku di pasaran.


Hubungan Warna Dengan Konsumen

Di dunia ini terdapat beberapa tipe konsumen dilihat dari cara membelinya. Warna dapat membantu menarik konsumen berdasarkan tipenya untuk menghampiri toko ente atau bahkan membantu meningkatkan penjualan. Beberapa tipe konsumen diantaranya adalah :

1. Tipe Impuls Buyer
Artinya adalah seorang pembeli yang spontan. Mereka tidak akan ragu membeli barang apapun yang dipajang selama mereka menyukainya walaupun mereka harus berhutang atau menggunakan kartu kredit. Untuk tipe pembeli seperti ini, warna yang cocok adalah: orange kemerahan, hitam atau biru terang.

2. Tipe Budget Ketat
Artinya konsumen memiliki dana yang terbatas untuk belanja. Tipe seperti ini biasanya memiliki perencanaan keuangan yang ketat dan mampu menahan dirinya untuk tidak membeli jika memang harganya tidak sesuai dengan mereka. Untuk pembeli seperti ini, warna yang sesuai adalah: hijau kebiruan dan biru gelap / biru laut.

3. Tipe Tradisional
Ini adalah tipe pembeli yang lebih memilih cara transaksi tradisional. Tipe pembeli seperti ini biasanya jarang dalam melakukan transaksi online dan tidak memiliki kartu kredit. Mereka membeli sesuai kebutuhan dan jika tidak cocok mereka akan meninggalkannya. Untuk menarik tipe seperti ini agar mau melakukan transaksi di toko ente, gunakanlah warna:  pink, biru langit, dan merah mawar.


Infografis

Sebuah studi menyatakan 93% konsumen memilih produk karena tampilannya. Hal ini disebabkan sebagian besar manusia adalah tipe visual/penglihatan. Manusia secara psikologis lebih menyukai hal-hal yang enak dipandang mata. Faktor lain pemilihan produk adalah teksturnya sebesar 6% dan 1% lagi untuk baunya.
Warna juga membantu sebuah brand dapat teringat mudah oleh konsumen hingga 80%. Terasosiasinya sebuah brand dapat membantu peningkatan kepercayaan dari konsumen.
Untuk lebih mudah berikut ane sajikan infografisnya mengenai warna dalam dunia bisnis :

Pengaruh Suatu Warna Dalam Dunia Bisnis 6

Berdasarkan penelitian di Amerika (tetapi juga berlaku di dunia), suatu warna memiliki peranan penting masing-masing dalam menarik suatu konsumen :

Pengaruh Suatu Warna Dalam Dunia Bisnis 7

Infografis dibawah ini sesuai dengan tipe konsumen yang ane sebutin diatas tadi :

Pengaruh Suatu Warna Dalam Dunia Bisnis 8


Merek yang Sudah Identik Dengan Warna

Beberapa merek sudah memiliki warna khas dan sudah melekat di pikiran kita. Hal ini menunjukan betapa pentingnya peranan sebuah warna dalam pengenalan suatu merek / brand terhadap konsumen dan memiliki dampak positif terhadap penjualannya.
Berikut ane coba sebutkan beberapa merek yang sudah melekat bersama warna khasnya di benak kita :

1. Merah
Coca Cola
Pengaruh Suatu Warna Dalam Dunia Bisnis 9

Semua pasti langsung ingat kan kalo coca cola itu identik dengan warna merahnya. Begitu ente liat botol dengan label berwarna merah tanpa melihat mereknya pun ente pasti langsung nyebutnya coca cola.

 

2. Biru
Pepsi
Pengaruh Suatu Warna Dalam Dunia Bisnis 10

Banyak perusahaan yang menggunakan biru sebagai warna logonya. Salah satunya pesaing coca cola ini menggunakan warna biru sebagai warna mereknya. Mungkin untuk mengingatkan konsumen agar tidak tertukar, dan warna merah dengan biru memang kontras

 

3. Hijau
Starbucks
Pengaruh Suatu Warna Dalam Dunia Bisnis 11

Jika kita melihat sebuah cafe dengan warna hijau, atau payung hijau besar di cafe sebuah mall atau pinggir jalan pasti kita langsung terlintas starbucks. Yah, starbucks sudah melekat di pikiran kita dengan warna hijaunya.

 

4. Oranye
J.Co
Pengaruh Suatu Warna Dalam Dunia Bisnis 12

Produk donat asli Indonesia ini menggunakan warna oranye sebagai warna perusahaannya. Mulai dari payung besarnya, sampai ke kerdusnya mereka menggunakan warna oranye. Jika sekilas kita melihat kerdus berwarna oranye, pasti yang terlintas di pikiran kita adalah J.Co.

 

5. Kuning
DHL
Pengaruh Suatu Warna Dalam Dunia Bisnis 13

Perusahaan kargo internasional asal Jerman ini justru malah berani dalam memilih warna. Tak ayal jika kita melihat sebuah mobil atau truk paket di jalan berwarna kuning pasti kita langsung mengingat DHL. Yang terjadi justru bukan aneh atau lucu, tapi malah menjadi lebih melekat dalam pikiran kita dan khas.

 

6. Hitam
Adidas
Pengaruh Suatu Warna Dalam Dunia Bisnis 14

Perusahaan ini justru lebih memilih warna gelap sebagai warna logo dan warna dalam tokonya. Produk olahraga identik dengan two tone dalam pewarnaan toko dan logo yaitu hitam dan putih. Terlihat lebih elegan dan mudah untuk mengingatnya.



Penutup

Nah itu tadi pengaruh warna dalam dunia bisnis bro sist. Kurang lebih kesimpulannya adalah :
1. Warna untuk menarik konsumen
2. Agar mudah diingat
Jadi buat ente yang mau berbisnis, pikirkan matang-matang warna apa yang mau dipake untuk produk dan mereknya biar konsumen cepet tertarik dan gampang ingetnya bro sist 😀

Pengaruh Suatu Warna Dalam Dunia Bisnis

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.