Smangap.Com | Mungkin kita sebagai rakyat biasa sudah geram melihat ulah para pejabat negara yang seenaknya sendiri, selalu ingin dihargai, apapun lah itu.
Atau mungkin kita juga sebel pas lagi macet eh di klakson sama mobil belakang kita apalagi pake lightbar atau strobo, pas udah nyalip ternyata tuh mobil plat item biasa pake ada sticker taman safarinya atau wahana-wahana permainan lagi .
Tapi ternyata di dunia ini masih ada lho pejabat negara yang bergaya hidup normal dalam arti selayaknya seperti warga umum biasa, tidak semena-mena, bahkan tidak gengsi dengan status yang disandang. Langsung aja cekidot bro!

1. PM Inggris David Cameron
Perdana Menteri Inggris ini pernah tertangkap kamera sedang mengantri membeli jajanan pastel bersama istri dan kedua anaknya di salah satu food truck di Bazar Natal, Hyde Park London pada Desember 2013 silam.

Pejabat Negara di Dunia yang Bergaya Hidup Normal 1

Terlihat mereka tampak seperti keluarga pada umumnya dengan menggunakan pakaian casual seperti celana jeans dan jaket biasa. Mereka pun juga berbaur di dalam keramaian warga London pada acara Bazar Natal tersebut.
Selain itu, pada 19 Agustus 2015 Bapak David Cameron ini juga tertangkap kamera salah satu penumpang pesawat EasyJet tujuan Portugal.

Pejabat Negara di Dunia yang Bergaya Hidup Normal 2

Maskapai ini merupakan maskapai kelas murah yang terkenal di masyarakat Eropa dan beliau duduk di kursi kelas ekonomi tanpa pengawalan. Seperti yang kita ketahui kelas ekonomi tidak menyediakan fasilitas makanan untuk penumpangnya, dan Pak Cameron ini hanya memakan camilan yang dibawanya sendiri.

Pejabat Negara di Dunia yang Bergaya Hidup Normal 3

Sang istri yaitu Ibu Samantha pada Desember 2011 juga pernah terlihat berbelanja dengan mendorong kereta belanjanya sendiri di Ikea London tanpa pengawalan.
Hmmm senengnya punya pemimpin gitu .

2. Presiden Prancis Francois Hollande
Berbeda dengan Presiden Prancis sebelumnya yaitu Nicolas Sarkozy yang dijuluki Presiden Blink-Blink, Bapak Francois ini justru hidup dengan sederhana walaupun sebagai pemimpin nomor 1 di negaranya.

Pejabat Negara di Dunia yang Bergaya Hidup Normal 4

Francois Hollande ternyata tidak memiliki mobil pribadi, beliau hanya memiliki 1 skuter Piaggio dan motor ini lah yang selalu dinaikinya jika akan bepergian, termasuk ke istana negaranya.

Pejabat Negara di Dunia yang Bergaya Hidup Normal 5

Terkadang beliau juga suka naik angkutan umum jika hendak ke istana. Uniknya lagi, Pak Francois tidak menggunakan pengawalan saat mengendarai skuternya lho.
Selain itu, presiden ini selama di Paris hanya menyewa sebuah apartemen.

3. Presiden China Xi Jinping
Pada akhir tahun 2013 seorang pembeli bakpao di Distrik Xicheng China memfoto presidennya yang ikut mengantri dan membeli bakpao lalu membayarnya sendiri sebesar 21 yuan atau sekitar 42 ribu rupiah.

Pejabat Negara di Dunia yang Bergaya Hidup Normal 6

Pengunjung yang akhirnya tersadar bahwa ada presiden ditengah-tengah antrian langsung mengabadikan momen langka tersebut dengan memotret bahkan sampai mengambil video. πŸ˜€

Pejabat Negara di Dunia yang Bergaya Hidup Normal 7

Pejabat Negara di Dunia yang Bergaya Hidup Normal 8

Bapak Xi Jinping akhirnya dapat menikmati makanannya baru sekitar 20 menit setelah memesan karena harus melayani foto bersama dari pengunjung.
Memang bener-bener langka pemimpin kayak gitu apalagi di Indonesia bray .

4. PM Singapura Lee Hsien Loong
PM negara tetangga ini patut dijadikan teladan bagi pejabat-pejabat di negara kita. Beliau rela mengantri sekitar 30 menit untuk membeli sayap ayam goreng yang kurang lebih seharga 15 ribu rupiah.

Pejabat Negara di Dunia yang Bergaya Hidup Normal 9

Tampak Bapak Lee ini seperti seorang warga biasa sekitaran umur 55-60 an yang hendak membeli makanan. Tidak terlihat ada pengawalan satu orang pun untuk seorang pejabat negara, bahkan ketika sudah duduk, ada seseorang yang memberikan beliau semangkuk sup kacang hijau dan beliau mengucapkan terima kasih. Mungkin warga tersebut sangat mencintai Bapak Lee ini ya bro hehe πŸ˜€

5. Presiden Irlandia Michael D Higgins
Selanjutnya teladan yang dapat kita ambil adalah kedisiplinan dari seorang pejabat negara.

Pejabat Negara di Dunia yang Bergaya Hidup Normal 10

Adalah Presiden Republik Irlandia ke-9 Michael D Higgins tampak rela mengantri di sebuah ATM pinggir jalan. Beliau nampak seperti seorang warga biasa yang hendak menggunakan mesin ATM. Walaupun berpakaian rapi dan terlihat ada seorang pengawal, tapi beliau memberikan contoh kepada kita bahwa semua orang wajib disiplin mengantri apapun status yang dipegang.

6. Pejabat Kepolisian di Surabaya
Kali ini bukan di luar negeri tetapi di negara kita sendiri Indonesia bray
Ane sampe terharu ternyata masih ada pejabat yang seperti ini.

Pejabat Negara di Dunia yang Bergaya Hidup Normal 11

Seorang Pejabat Kepolisian rela menikmati kemacetan yang terjadi di jalan A.Yani Surabaya yang notabene terkenal macet pada jam-jam tertentu (arek Suroboyo mesti ngerti lah dalan iki).
Beliau memang dikawal oleh 1 orang polisi menggunakan sepeda motor, tetapi ketika masuk dalam kemacetan, pejabat tersebut memberikan isyarat kepada polisi yang mengawal untuk mundur berada di belakang mobil dan tidak membunyikan sirine, dan tarraaa, beliau pun larut dalam kemacetan selayaknya warga biasa.
Setelah foto tersebut diunggah ke facebook oleh netizen pejabat itu langsung banyak mendapatkan pujian. Tidak diketahui siapa seorang pahlawan rakyat yang ada di dalam mobil tersebut. Salut, lanjutkan pak

7. Walikota Surabaya Ibu Tri Rismaharini
Kali ini bener-bener murni pengalaman ane sendiri, ane yang melihat dan merasakannya πŸ˜€
Tapi maaf ane gak ada fotonya karena ane gak sempet.
Pada waktu itu 17 Agustus tapi ane lupa tahunnya sekitar 2012/2013 πŸ˜€ ane hendak ke Jakarta dari Surabaya menggunakan pesawat. Setelah proses check in, ane menuju ke ruang tunggu. Ternyata di dalam ruang tunggu tersebut sudah ada Ibu Risma duduk biasa membaur dengan warga lainnya yang sama-sama hendak bepergian dengan hanya didampingi 1 orang pengawal perempuan tanpa ada pengawalan ketat spesial, dan yang ane salutnya lagi tas jinjingnya beliau sendiri yang membawa.
Siangnya ane baru tau dari tipi kalo Ibu Risma menghadiri upacara kemerdekaan di Istana Negara.
Betapa ane tertegun, seumur hidup ane baru ngelihat sendiri seorang pejabat seperti itu.

8. Mantan Presiden Uruguay Jose Mujica
Mungkin kita semua udah pernah denger kesederhanaan dari mantan presiden ini karena beliau mendapat predikat sebagai presiden termiskin di dunia.

Pejabat Negara di Dunia yang Bergaya Hidup Normal 12

Jose Mujica, seorang mantan presiden Uruguay yang memberikan 90% kekayaannya untuk rakyat dan hanya hidup di masa tuanya dengan kekayaan 10 juta rupiah saja dari sisa seluruh kekayaannya yang telah diberikan. Saking dekatnya dengan rakyat semasa menjabat, beliau sampai tidak mau dipanggil Bapak, Tuan, atau panggilan hormat lainnya, tetapi beliau dipanggil Pepe.

Pejabat Negara di Dunia yang Bergaya Hidup Normal 13

Saat ini beliau tinggal di sebuah rumah sederhana di daerah pertanian, hidup dengan istrinya yang juga seorang politikus sederhana dan mobil kesayangannya yaitu VW Beetle tua warna biru.

Pejabat Negara di Dunia yang Bergaya Hidup Normal 14

9. Mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad
Tidak lengkap jika kita tidak masukan presiden yang satu ini. Bahkan seluruh dunia pun mengakui kesederhanaan dari Bapak Ahmadinejad.
Beliau selalu membawa bekal makan pagi yang telah dibuatkan oleh istrinya untuk dibawa ke istana negara dan selalu memakannya.

Bapak Ahmadinejad pernah merubah kebijakan pesawat terbang kepresidenan yang mewah menjadi pesawat kargo dan pesawat terbang biasa kelas ekonomi, dengan alasan agar tidak memberatkan rakyat Iran membayar pajak untuk dirinya. Sungguh tindakan yang perlu ditiru oleh semua orang.

Pejabat Negara di Dunia yang Bergaya Hidup Normal 16

Dilaporkan kekayaan Bapak Ahmadinejad hanyalah sebuah rumah sederhana warisan dari ayahnya dan sebuah mobil Peugeot 504 warna putih tahun 1977. Seorang wartawan pernah mengambil gambar pakaian beliau yang sudah robek, menunjukan bahwa beliau memang apa adanya.

Pejabat Negara di Dunia yang Bergaya Hidup Normal 17

Kalo kita jadi rakyatnya pasti kita sedihΒ  kan kalo liat pemimpin kita pakaiannya robek gitu dan hidupnya sangat sederhana πŸ™
Beliau semasa menjadi presiden juga pernah menikahkan putranya dan acaranya tidak terlihat seperti acara pernikahan seorang pejabat negara yang sangat mewah seperti di negara kita, tapi hanyalah sebuah acara sederhana dan hanya dihadiri oleh beberapa kerabat beliau saja.

Pejabat Negara di Dunia yang Bergaya Hidup Normal 18

10. PM Belanda Mark Rutte & Walikota Bandung Ridwan Kamil
Kalo yang ini mereka memiliki kemiripan maka dari itu ane gabungin jadi satu.
Mark Rutte, seorang Perdana Menteri Belanda yang terkenal memiliki gaya hidup sederhana walaupun dilahirkan dalam keluarga menengah keatas. Beliau menjunjung tinggi nilai kesederhanaan dan saling berbagi yang telah diajarkan oleh orang tuanya sejak kecil, dan hingga menjabat menjadi Perdana Menteri beliau berkomitmen untuk bersepeda dari rumah menuju tempat kerjanya. Bapak Rutte juga sosok yang berani, pada saat bertemu PM Israel Benjamin Netanyahu beliau tidak segan untuk mengucapkan jangan membangun pemukiman di tepi barat.
Pada kasus yang melibatkan Indonesia pada masa perjuangan revolusi di Rawa Gede, Bapak Rutte meminta maaf langsung dan bersedia memberikan kompensasi atas terbunuhnya 430 rakyat Indonesia yang dibantai oleh tentara Belanda pada tahun 1947.

Pejabat Negara di Dunia yang Bergaya Hidup Normal 19

Pejabat Negara di Dunia yang Bergaya Hidup Normal 20

Sama seperti Bapak Rutte, Walikota Bandung yang satu ini juga berkomitmen jika tidak ada dinas luar kota maka beliau akan bersepeda menuju tempat kerjanya yang kurang lebih berjarak 5 km dari rumahnya dengan sepeda biru dan jaket merah khasnya.
Salut untuk bapak-bapak hebat ini.

Quote:
Itulah beberapa pejabat negara yang tidak merasa semena-mena, tidak gengsi, dan merasa mereka hanyalah orang biasa yang mengemban amanat untuk menjadi seorang pemimpin.
Semoga ada pejabat yang baca thread ane dan tergerak hatinya untuk berbuat seperti itu juga. Tapi bener-bener yang tulus lho ya pak bu, jangan hanya untuk mengambil hati rakyat
Kalo ada kaskuser yang punya cerita tentang pejabat daerah atau negara lain bisa ditulis nanti ane page oneΒ 

Karena banyak yang mengira ane pendukung salah satu kubu, Ane tekankan disini ane bukan pendukung dari salah satu kubu, ane adalah WNI. Ane Netral. Buat ane semua Capres atau presiden sama aja. Kenapa saat presiden yang sekarang gak ane masukin banyak yang marah? Padahal Bung Hatta, Hoegeng, dll juga pada sederhana, tapi kenapa gak ada yang protes?
Sadarlah, persatuan WNI jangan sampai terpecah hanya gara-gara kita terkotak-kotak oleh satu kubu. Kita ini WNI bray, mari sama-sama kita bersatu.

Sumber

26 KOMENTAR

  1. Nomor 6 bikik ane terhau mbah,, Ternyata masih ada ploisi yg seperti itu di negara kita πŸ™‚

    semoga aparat lain nya juga begitu πŸ™‚

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.