Rumah adalah salah satu hal pokok dalam kehidupan, selain pakaian, dan makanan. Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu harus memiliki rumah pribadi. Gak mau kan jika kamu sampai tua terus menyewa rumah.

Memiliki rumah pribadi adalah salah satu cita-cita hampir semua orang. Apalagi rumah tersebut hasil jerih payah diri sendiri. Untuk itu, Smangap.Com akan memberikan tips bagaimana memiliki rumah di usia muda.

Jika saat ini kamu berusia 20-an dan memiliki cita-cita untuk mempunyai rumah pribadi, maka kamu harus simak tips yang kami berikan. Karena tips ini akan berbeda jika misalnya usia kamu sudah mencapai 30-an dan sudah berkeluarga, dan apalagi sudah memiliki buah hati.

Disiplin Dalam Menabung

Disiplin Menabung
Disiplin Menabung

Poin utama ketika kamu ingin memiliki rumah sendiri di usia muda adalah dengan disiplin menabung. Disiplin dalam menabung itu lebih baik lagi jika sudah diterapkan sejak kecil.

Nah jika kamu mau menarapkan saat ini, tidak masalah. Karena namanya menabung itu tidak ada kata terlambat. Misalnya saat ini kamu memiliki gaji tetap bulanan. Mungkin dalam pikiranmu, akan susah mendapatkan rumah pribadi. Tapi tidak sesulit itu kok.

Kamu bisa menabung minimal 30% dari penghasilan tetap kamu setiap bulan. Dengan melakukan cara ini, dan sedisiplin mungkin, memiliki rumah tidak lagi menjadi impian.

Sebisa mungkin kamu siapkan rekening khusus untuk tabungan ini. Tentunya akan membutuhkan waktu lama, akan tetapi jika kamu lakukan setiap bulan, pasti akan mendapatkan hasilnya kok.

Berinvestasi

Investasi Emas
Investasi Emas

Tak hanya menabung saja sih, tapi tips yang kedua adalah dengan berinvestasi. Investasi itu sangat bagus dan penting banget. Begini, misalnya kamu sudah menabung selama berbulan-bulan. Kemudian uang tabunganmu bisa kamu belikan untuk emas (Logam Mulia). Kamu bisa membeli emas yang 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan lain sebagainya.

Mengapa kami menyebutkan emas, sebab emas memiliki nilai intrinsik yang tinggi. Selain itu harga emas cenderung lebih stabil dibanding dengan nilai tukar mata uang.

Bukan hanya itu saja, nilai emas itu bisa dibilang tumbuh sebesar 10-20% setiap tahunnya, beda hal dengan nilai properti yang tumbuh di angka 10-15%.

Memiliki Pekerjaan Sampingan

Lakukan Hal sempurna di usia 25
Memiliki Pekerjaan Sampingan

Selanjutnya adalah jika kamu ingin memiliki rumah di usia muda adalah dengan memiliki pekerjaan sampingan. Dengan begitu, kamu memiliki pendapatan tambahan selain dari pekerjaan utama kamu.

Mengapa harus memiliki pekerjaan sampingan? Jika kamu hanya mengandalkan gaji tetap saja, mungkin terkadang akan terpakai untuk memenuhi kebutuhan pokok. Maka dari itu, dengan adanya pendapatan lain, kamu bisa menabung atau berinvestasi lebih besar. Tapi saat kamu mencari pekerjaan sampingan, carilah pekerjaan yang tidak mengganggu pekerjaan utama ya.

Banyak kok sekarang perusahaan yang membutuhkan pegawai freelance. Situs-situs di internet juga sangat banyak. Misalnya kamu bisa membuka jasa pembuatan website, menulis, desain, atau lainnya.

Mencicil

Tips yang terakhir adalah dengan membuat cicilan. Tidak ada salahnya kok jika kamu ingin memiliki rumah, pembeliannya dengan cara diangsur.

Tapi ingat, sebelum mengambil rumah, kamu harus mempertimbangkan dari berbagai hal, mulai dari lokasi rumah, jangkan waktu cicilan, perusahaan pembiayaan, dan lain sebagainya. Dengan mencicil, kamu akan bisa memiliki rumah pribadi di usia muda.

Nah itulah tips yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan rumah sendiri di usia muda. Smangap ya!

 

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.