test mata

Mata adalah indera terpenting setiap manusia untuk melakukan segala aktivitas di setiap harinya. Tetapi, beragam masalah penglihatan selalu mengintai manusia dalam berbagai bentuk.

Para dokter mata menyebutkan lebih dari 2 ribu kasus cedera mata terjadi setiap hari akibat kecelakaan dalam bekerja. Adapun sebanyak 1 juta kunjungan dokter di setiap tahunnya, terkait dengan kesalahan penggunaan kontak lensa yang berujung infeksi.

Ditambah dengan 11 juta orang yang mengalami gangguan penglihatan secara permanen akibat usia. “Ada banyak hal yang dilakukan orang sehari-hari, yang meningkatkan risiko penyakit mata.” ungkap James Tsai, M.D., presiden dari the New York Eye and Ear Infirmary of Mount Sinai, di New York City.

Beberapa cara tepat untuk menangkal masalah mata baik jangka panjang maupun pendek. Kebiasaan ini agar mata Anda tetap berada pada kondisi yang sehat dan penglihatan selalu tajam.

  1. Gunakan kacamata hitam saat berada di luar ruangan. Karena sinar matahari buakn hanya mampu membakar kulit saja, mata pun mampu tebakar pada saat terkena sorotan matahari secara langsung. sinar ultraviolet (UV) berisiko tinggi terhadap kesehatan mata. Paparan uv juga mampu mengakibatkan katarak, penebalan jaringan mata, hingga kanker kulit di sekitar mata. So biasakan untuk melindungi mata terhadap matahari dengan mengenakan kacamata khusus. Lensa UVA dan UVB akan mengurangi risiko tersebut.
  2. Gunakan lensa kontak yang aman dan nyaman. Bagi Anda yang mengenakan kontak lensa, biasakanlah diri Anda untuk memakan kontak lensa yang sesuai dengan kebutuhan. Terlebih biasakan memakai dan meletakkan lensa kontak dengan cara yang bersih. 90% pengguna lensa kontak tidak menggunakannya dengan benar pemakaian lensa yang tidak benar menyebabkan keratitis atau peradangan mata pada kornea.
  3. Jaga jarak saat melihat sinar. Saat menatap suatu benda dengan cahaya yang sangat terang, Anda perlu menjaga penglihatan dengan jarak yang jauh untuk keamanan mata. Laser dan matahari akan merusak penglihatan mata dengan mudah. Saat seseorang menatap sinar tanpa perlindungan satupun akan merusak pusat penglihatan mata.
  4. Hindari menggosok mata. Menggosok atau mengucek mata dengan gerakan yang kencang akan menyebabkan kerusakan. Bukan hanya menyebabkan kulit halus di sekitar mata meregang, hal ini jgua mampu menyebabkan abrasi kornea dan menyebabkan distorsi visual. Distorsi visual di mana penglihatan selalu seperti melihat lingkaran cahaya yang tajam, yang membuat penglihatan menjadi tidak normal.

Jangan sia siakan mata Anda gan, jaga lah mata anda karna dengan mata kita bisa melihat indah nya warna warni dunia ini. jadi lakukan lah hal yang tidak merusak mata.

1 KOMENTAR

  1. mungkin cuma tambahan mbah, konsumsi juga buah-buahan yang mengandung vitamin A agar nutrisi mata juga bisa terpenuhi, dan tentunya bisa membuat lebih sehat.. 😀

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.