Sore hari ketika mau berangkat kuliah , Mr.Smangap bertemu dengan salah satu temen sekolah dulu , sebut aja namanya Ujang , Doi sekarang kerja sebagai tukang cat rumput di kantor Gubernur . Padahal dulu Ujang bisa dibilang murid yang cukup pinter di sekolah , akan tetapi dia berada di sekolah yang salah . Maksudnya ‘sekolah yang salah’ disini ialah Ujang salah memilih jurusan disekolah . Ujang hobby banget dengan hal yang namanya pelajaran exsakta , tetapi dia malah masuk STM jurusan otomotif . Dia mengkhianati bakat serta passion dia yang akan menjadi bom waktu dikemudian hari . Dan akhirnya dia ngga paham  otomotif dan bakat serta passionnya juga ngga memudar .

Sebelum berpisah jalan kami sedikit ngobrol basa basi sedikit dan doi mengajak Mr.Smangap untuk nanti malam ikut ngumpul sambil ngopi bareng di salah satu kafe deket rumahnya setelah itu Mr.Smangap langsung menuju kampus dan ternyata dosen makul hari itu ngga masuk .

” Ehh Bro gimana kuliahmu? ” Tanya Ujang ke Mr.Smangap

” Ya biasa aja sih , gue orangnya KuPu-KuPu jang , gue juga sering ada job foto bro “

” Kenapa ngga sambil cari kerjaan lain yang pasti aja bro gajinya , kan lu bisa kuliah sambil kerja “

” Iya sih emang , tapi gue lebih memilih ngerjain apa yang gue suka toh sekalian ngasah passion gue bro di bidang foto dan juga gue lagi nyoba beralih ke videography . ya walaupun mash belum jago ngedit foto sama video tetapi udah sedikit paham lah caranya ” Jawab Mr.Smangap

**Ngga lama pelayan kafe datang**

“Mau pesan apa mas ” Pelayan kafe tersebut memberikan daftar menu

” Kopi hitam pahit satu mas itu aja mas ” Jawab Gue

” Kopi biawak 1 mas , makannya mie goreng mas , gorengnya kalo bisa pake minyak kayu putih ya mas ” Jawab Ujang

” Iya mas , mohon tunggu sebentar ya mas “

Sambil mengobrol basa basi bentar Ujang mulai sedikit menceritakan tentang pekerjaannya . bisa dibilang dia beruntung sekaligus menyesal dalam bekerja , emang sih sejak tamat sekolah doi udah mulai bekerja sebagai tukang cat rumput dan gajinya sekarang cukup buat dia beli hp , motor serta buat traktir cabe-cabean jalan bareng . Tetapi dia ngga menikmati pekerjaannya , terkadang terbesit dibenaknya untuk resign dan mencoba pekerjaan yang baru , tetapi dia malah makin bingun mau kerja apa karena dia udah ngga tau passion dan bakatnya dimana sekarang . Sambil menikmati kopi hitam tadi Mr.Smangap memiliki sedikit beberapa pandangan terhadap manfaat kita sekolah , yaitu

1 . Menemukan Bakat / Passion

bakat-anak

Setiap dari kita pasti punya kelebihan dan kekurangan . Misalnya Mr.Smangap sendiri ngga begitu jago dalam hal pelajaran hitung-hitungan tetapi cukup paham tentang desain , video dan juga menulis . Nah ketika kita sudah tau dimana kelebihan dan kekurangan diri kita , kita bisa fokus ke hal yang menjadi kelebihan . Jangan terlalu fokus ke hal yang kita lemah , karena jika kita terlalu fokus mengurusi kelemahan kita , kelebihan kita malah nanti hilang .

 

2. Memperluas Pergaulan

Memperluas pergaulan

Hidup yang paling indah adalah ketika kita bisa memiliki orang-orang yang satu visi dan misi dengan kita , karena ketika berada dilingkungan itu kita bisa berdiskusi tentang apa yang kita suka , selain bisa berdiskusi kita bisa memperluas pertemanan . Ingat bangat teman banyak rezeki . Sehari mencari 1 teman itu susah , tapi mencari 1000 musuh dalam sehari itu mudah . Ketika ada orang ngumpul , lemparin aja mereka . niscaya akan banyaklah musuh .

3. Mengubah Pola Pikir

mindset

Mindset disini yang Mr.Smangap maksud bisa dibilang the next visi yang bakal kita capai nantinya . Salah satu Impian Mr.Smangap pribadi ialah bisa menjadi Director Film . Untuk mencapainya ngga mudah , kudu belajar tentang tehnik foto yang baik , desain yang bagus , membuat dan edit video serta menulis script untuk ceritanya akan di direct dan lain sebagainya . Hidup bakal gini aja kalo yang dilakuin itu-itu aja . Jadi kita harus punya visi suapaya kita ngga cuma hidup di rencana orang lain .

 

Ada salah satu kalimat yang menampar banget buat Mr.Smangap sendiri , yaitu “Buatlah rencana hidupmu sendiri atau menjadi rencana hidup orang lain” . Inilah akhir dari post Mr.Smangap buat yang pernah ngalamin hal diatas dan ingin berbagi pengalaman share di komentar yakk. #Smangap

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.