manfaat bergabung di komunitas startup
manfaat bergabung di komunitas startup

Indonesia adalah negara dengan salah satu perkembangan startup yang paling subur di dunia. Hal ini bisa kita lihat beberapa tahun belakangan, khususnya 10 tahun belakangan, terlebih lagi 5 tahun.

Startup kini sudah menjadi hal umum di masyarakat. Di Indonesia terdapat ratusan startup yang sudah berdiri. Tentunya kategorinya macam-macam, mulai dari media, S-a-S, Fintech, dan lain sebagainya.

Dengan banyaknya startup yang lahir di Inodnesia, berbanding lurus dengan kegagalan maupun kesuksesannya. Jika kita sering membaca berita mengenai startup di Indonesia, maka hampir setiap hari, terdapat startup muncul.

Banyaknya startup yang lahir juga menciptakan komunitas-komunitas baru yang berhubungan dengan startup di Indonesia. Bukan hanya startup saja, lebih umum lagi juga bermunculan komunitas bisnis.

Oleh karena itu, kamu sebagai generasi muda sebisa mungkin mengikuti komunitas-komunitas tersebut, karena akan mendapatkan manfaat dan keuntungan banyak. Karena setiap anggota pasti memiliki latar belakang yang berbeda-beda dan tentunya memiliki pengalaman yang berbeda pula.

Selain itu, dengan bergabung di komunitas startup atau bisnis, kamu akna bisa mendapatkan pengetahuan yang banyak. Mulai dari membangun bisnis, mengembangkan, kegagalan, kesuksesan, dan lain sebagainya.

Lantas sebenarnya, apa saja sih manfaatnya bergabung di koumintas startup? Yuk simak teru artikel Smangap di bawah ini, ya.

Meningkatkan Jaringan yang Luas

Poin penting dalam bergabung dengan komunitas adalah, kamu akan mendapatkan jaringan yang lebih luas. Hal ini karena setiap anggota memiliki latar belakang yang berbeda, dan meiliki bisnis yang berbeda.

Selain itu kamu juga bisa mengenal bisnis dari luar daerah. Dengan demikian, wawasan bisnismu akan bertambah. Memiliki jaringan bisnis yang luas akan memudahkan kamu dalam menjalankan bisnis. Percayalah, bahwa bisnis yang bagus itu dijalankan dengan baik dan harus memiliki jaringan luas.

Manambah Ilmu Bisnis

Selain mendapatkan jaringan lebih luas, saat kamu bergabung dengan komunitas bisnis atau startup akan menambah pengetahuanmu tentang bisnis. Alasannya adalah karena kamu bisa saling bertukar informasi, atau sharing mengenai startup atau bisnis yang sedang dijalankan.

Bukan hanya itu saja, komunitas pasti akan mengadakan event atau workshop bagi anggotanya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan skill atau pengetahuan bagi anggotanya.

Peluang Mnedapatkan Investor

Nah ini adalah salah satu poin penting saat kamu bergabung dengan komunitas startup atau bisnis. Mendapatkan peluang dari investor itu bisa dibilang susah-susah gampang. Untuk itu, degan bergabung di komunitas, adalah salah satu langkah yang tepat agar startupmu bisa dikenal oleh investor.

Biasanya anggota dari komunitas tidak hanya dari pelaku bisnis saja, akan tetapi para investor pun kadang juga bergabung dalam komunitas ini.

Meningkatkan Penjualan

Dalam membangun startup itu tidak mudah. Apalagi bisa bertahan bertahun-tahun. Sudah tahu kan, banyak startup yang gagal. Oleh karena itu, kamu bisa berabung dengan komunitas startup, untuk meningkatkan penjualan.

Dengan bergabung di komunitas, biasanya para anggota akan merekomendasikan produkmu kepada orang lain. Begitupun sebaliknya.

Mendapatkan Partner Bisnis yang Tepat

Manfaat yang terakhir ketika kamu bergabung di komunitas startup adalah mendapatkan rekan bisnis yang tepat. Intensya dalam komunikasi baik offline maupun online antar anggota komunitas, akan menjadikan hubungan para anggota tidak sekadar hubungan biasa.

Dengan kamu mengenal para anggota komunitas, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan rekan bisnis yang potensial.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.