Makanan khas Majalengka. Majalengka, sebuah daerah di tataran sunda yang memiliki banyak destinasi wisata yang tak kalah dengan daerah lain. Mulai dari banyaknya air terjun, wisata alam berbukitan, dan tentunya banyaknya tempat yang bisa disinggahi untuk wisata kuliner.

Yap, tak lengkap rasanya berkunjung ke suatu daerah tanpa mencicipi makanan yang khas daerah tersebut. Seperti rasa tak lengkap bagi smangap yang telah memberikan beberapa rekomendasi pariwisata Majalangka, jika tanpa memberikan rekomendasi kulinernya juga.

Maka dari itu, di tulisan satu ini, smangap mau memberikan beberapa rekomendasi kuliner Majalengka yang bisa kamu coba saat bertadang ke sana. Berikut selengkapnya!

7 makanan khas Majalengka yang bisa kamu coba

  1. Surabi Oncom

Surabi merupakan makanan khas daerah priangan seperti Bandung, Ciamis, Cianjur, Garut daerah Jawa Barat lainnya. Setiap daerah memiliki rasa yang variatif. Seperti di Majalengka, surabi yang disajikan di sana merupakan hasil perpaduan tepung beras dan santan yang ditaburi oncom dan cabe.

Cukup dengan mengeluarkan uang Rp. 3 ribu rupiah, kamu sudah bisa menikmati kehangatan surabi yang mengenyangkan dengan cita rasa pedas. Menemukan surabi oncom di Majalengka bukanlah perkara sulit, karena penjualnya bisa kamu temukan dengan mudah di setiap sudut daerah.

surabi oncom Majalengka
surabi oncom Majalengka
  1. Jalakotek

Selain surabi oncom, jalakotek juga bisa kamu jadikan sebagai solusi dan inspirasi jika kamu berkunjung ke sana. Jika dilihat dari bentuknya, jalakotek hampir mirip seperti pastel yang kulitnya terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung tapioka yang diberi bumbu. Sedangkan untuk isinya, terdiri dari tumis tahu sama wortel yang dipotong kecil-kecil lalu ditambahkan cengek alias cabe rawit untuk kamu penggemar pedas.

Ingin lebih mantap, bubuhi dengan bumbu tabur asin atau pedas yang mirip dengan bubuk cabe.

jalakotek Majalengka
jalakotek Majalengka
  1. Durian Majalengka

Majalengka merupakan daerah penghasil durian di Jawa Barat. Di Majalengaka, buah yang mendapat julukan king of fruit dengan bau menyengat ini bisa kamu temui dengan mudah di Blok Sinapeul, Desa Ujung Berung, Kecamatan Sindangwangi atau di sepanjang jalan Rajagaluh-Sumber.

Durian Sinapeul merupakan durian asli Majalengka yang banyak diburu pecinta durian dari berbagai daerah. Karakteristik dari durian khas Majalengka adalah rasanya yang sangat manis, dengan daging yang tebal, dan bau yang sangat menyengat.

Durian Majalengka
Durian Majalengka
  1. Tutut

Tutut adalah sejenis keong yang memiliki ukuran kecil. Tutut di Majalengka memiliki citarasa khas dan tidak bau anyir karena proses pengolahannya yang menggunakan rempah-rempah. Tutut bisa kamu nikmati sebagai makanan pendamping nasi atau sebagai pencuci mulut.

Tutut
Tutut
  1. Seblak basah

Makanan khas Majalengka selanjutnya adalah seblak basah. Jika biasanya seblak disajikan dalam bentuk kerupuk renyah, di Majalengka ada seblak basah pedas yang dalam penyajian kerupuknya diolah seperti memasak sajian biasanya dengan resep seblak basah.

Seblak basah terbuat dari kerupuk aci mentah yang direbus kemudian dicampur dengan bumbu pedas, telur serta beraneka bumbu lainnya.

Seblak basah
  1. Lotek

Lotek merupakan makanan yang dikenal sebagai saladnya orang sunda. Mengapa dikatakan demikian? Hal ini dikarenakan lotek berbahan dasar sayuran yang dicampur sambal kacang dan lontong. Gimana mirip salad kan?

Hanya saja sambal kacang yang digunakan untuk lotek jelas memiliki ciri khas yang menjadi pembeda dengan salad.

Lotek
Lotek
  1. Nasi Lengko

Belum pas jika kamu berkunjung ke daerah Jawa Barat jika belum mencicipi nasi lengko. Yap, Nasi Lengko merupakan makanan khas Jawa Barat yang bisa kamu temui dengan mudah di Bandung, Garut dan tentunya Majalengka. Nasi lengko terdiri dari nasi putih, potongan mentimun, potongan tempe, tauge, tahu dan ditaburi hanya dengan kecap manis.

Salah satu penjual nasi lengko di Majalengka yang paling terkenal dan bisa kamu coba adalah Warung Nasi Lengko Ibu Hj.Kenti di Jl. Ahmad Kusumah Kelurahan Majalengka Wetan.

Nasi Lengko
Nasi Lengko

Beberapa makanan khas majalengka di atas, bisa kamu jadikan solusi dan inspirasi jika kamu berkunjung ke Majalengka dan bingung mau makan apa. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.