Memutuskan antara resign atau terus bertahan di perusahaan tempat kita bekerja selama bertahun-tahun memang bukan hal yang mudah. Tapi, jika kamu mulai merasa tidak memiliki masadepan yang lebih atau karier kamu stagnan di perusahaan tersebut, mungkin itulah waktu yang tepat untuk mengajukan resign (mengundurkan diri).

Siapa sih yang gak mau memiliki jenjang karier yang terus meningkat setiap tahunnya? Tentu itulah salah satu tujuan seseorang bertahan bertahun-tahun di perusahaan. Berharap suatu hari nanti akan ada perubahan jenjang karier atau peningkatan gaji dan jenjang karier. Tapi, ternyata tidak semua perusahaan mampu memberikan jenjang karier yang baik untuk karyawannya.

Banyak perusahaan yang hanya sebatas mempekerjakan dengan gaji UMR tanpa peningkatan karier. Nah, jika kamu sudah merasa seperti itu, kamu berhak mendapatkan jenjang karier yang lebih baik. Jika tidak di tempat mu bekerja, mungkin kamu perlu mencobanya di tempat lain.

Nah, kapan sih kondisi yang tepat saat ingin memutuskan resign? Selain alasan di atas, smangap.com telah merangkum 9 kondisi yang tepat kamu harus mengundurkan diri dari perusahaan  (resign).

9 kondisi yang tepat mengapa kamu harus  mengundurkan diri dari perusahaan 

Saat masa depan perusahaan suram

Waspadalah jika pemasukan perusahaan menurun drastis hingga 70 persen selama lebih dari tiga bulan. Jika sudah seperti ini, satu persatu para petinggi perusahaan akan mulai meninggalkan perusahaan dan mulai mencari tempat kerja baru.

Jika sudah seperti ini, segera cari lowongan pekerjaan dan mulailah menemukan perusahaan baru untuk kamu bekerja sebelum kena PHK. Karena peringatan PHK dapat muncul kapan saja.

Saat tidak ada jenjang karier yang baik

Saat kamu telah bekerja sebaik mungkin, bahkan semua program kerjamu telah mencapai target dengan sempurna. Tapi, tidak ada peningkatan jabatan, inilah saat yang tepat untuk mencari jenjang karier di tempat lain.

Tujuan seseorang bekerja di perusahaan, selain mendapatkan gaji tentunya berharap memiliki masadepan yang baik dalam artian peningkatan jenjang karier. Tapi, jika hal ini tidak bisa kamu miliki di tempat kamu bekerja, cobalah untuk mencari peruntungan di tempat baru.

Hilangnya semangat bekerja

Memang sebuah pekerjaan memiliki dua sisi, kadang bisa menyenangkan tapi kadang juga tidak menyenangkan. Wajar rasanya saat sisi tidak menyenangkan itu datang kita akan kehilangan semangat kerja. Namun jika saat menyenangkanpun kita tetap tidak memiliki gairah bekerja, munngkin kamu perlu lingkungan kerja yang baru agar mampu menemukan tantangan baru.

Memiliki bos yang menyebalkan

Memiliki bos yang baik adalah harapan semua orang saat mendapatkan pekerjaan. Bos yang baik selain bisa menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, bisa juga menjadin motivasi untuk bekerja lebih giat dan lebih baik lagi. Begitupun sebaliknya, jika bos kamu menyebalkan, inilah saatnya untuk mencari bos baru. Yang tentunya bos dengan karakter yang baik.

Saat kamu tidak menemukan tantangan lagi di tempat kamu bekerja

Tantangan dalam pekerjaan bisa membuat kemampuan kamu lebih terasah dan terus berkembang. Saat kamu sudah bekerja cukup lama dan sudah bisa melakukan berbagai tugas dari atasan dengan sempurna karena pekerjaanmu sudah terlalu mudah untukmu.

Cobalah diskusi dengan atasanmu mengenai jabatan yang tinggi dengan tanggung jawab yang lebih banyak dan lebih besar. Jika kamu tidak mendapatkannya, inilah saat yang tepat untuk mengundurkan diri.

Saat Gaji kamu stagnan

Setiap tahun nilai mata uang mengalamai inflasi, sementara kebutuhan hidup semakin bertambah. Keadaan ini sepatutnya diikuti dengan kenaikan gaji. Gaji yang stagnan, kamu akan mengalami kesulitan untuk menabung dalam jumlah yang lebih banyak.

Seharusnya semakin lama bekerja, gajipun mengalami peningkatan seiring dengan kemampuan kita yang terus meningkat. Tapi, jika gaji kamu stagnan, cobalah untuk mencari pekerjaan dengan gaji yang lebih baik di tempat lain.

Lingungan kerja tidak kondusif

Pekerjaan yang nyaman adalah pekerjaan yang memiliki lingkungan kerja yang kondusif. Saling support satu sama lain, saling membantu. Tapi jika lingkungan tempat kamu bekerja sudah tidak bisa memberikan kenyamanan, sehingga setiap hari hanyalah tentang persaingan dan saling menjatuhkan, cobalah untuk mencari lingkungan kerja baru.

Saat pekerjaan mengganggu kehidupanmu

Jangan mencampuradukkan urusan pribadi dengan pekerjaan, mungkin nasehat itu sudah sering kamu dengar. Jika pekerjaanmu mulai membuatmu kehilangan waktu untuk keluarga dan orang sekitar kamu, bahkan kamu kesulitan mendapat jatah libur, cobalah untuk mencari pekerjaan di tempat baru.

Karena bekerja harusnya membuat keluarga makin bahagia meskipun sesekali, bukan malah membuat keluarga kehilangan waktu bersama kamu.

Saat pekerjaanmu membuat kamu setres setiap hari

Bekerja memang tak selalu mulus. Kadang beban pekerjaan dan banyaknya pekerjaan bisa membuta kamu setres. Kalo sekali dua kali sih wajar, namanya juga kerja. Tapi, kalo setiap hari dibuat setres sama pekerjaan, itu bisa membahayakan kesehatan kamu juga loh. Jika seperti ini, resign lebih baik untuk kamu.

Nah, itulah 9 kondisi yang tepat mengapa kamu harus  mengundurkan diri dari perusahaan. Jadi, jika kamu sedang mengalami salah satu dari 9 kondisi di atas, jangan pernah ragu untuk mengundurkan diri. Karena kamu layak mendapatkan masa depan lebih baik. Dan, masa depan yang lebih baik bisa kamu mulai dengan mengundurkan diri.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.