Startup Unicorn asal Indonesia

Akhir-akhir ini atau sekitar 5 tahun ke belakang, startup di Indonesa terus bermunculan startup. Startup memang sedang booming di dunia maupun di Indonesia.

Hal ini tak lepas dari perkembangan dunia teknologi dan digital yang semakin cepat. Startup lahir dengan membawa solusi dari suatu masalah yang ada di masyarakat dengan memberikan inovasi yang lebih simpel.

Jika dulu masih segelintir dengan adanya startup di Indonesia, namun kini jumlahnya bisa ribuan. Mulai dari startup kategori financial technology (fintech), Software-as-a-Service (SaaS), E-commerce, dan lain sebagainya.

Jika ditilik dari perkembangannya, tren startup di Indonesia didominasi oleh startup fintech. Hal ini bukan karena ikut-ikutan saja sih, namun jika ingin mendirikan startup ecommerce atau marketplace, maka akan berat jika modalnya kurang.

Tak hanya itu saja, menjamurnya startup fintech di Indonesia, karena memang ceruk masyarakat Indonesia sangat menggiurkan. Dengan banyaknya transaksi online akan membutuhkan setidaknya startup fintech.

Startup Financial Technology (Fintech) di Indonesia 2017
Startup Financial Technology (Fintech) di Indonesia tahun 2017

Namun, apakah startup kategori lainnya tidak tumbuh dan maju? Jika ada yang bertanya seperti ini, tentu akan mendapatkan banyak jawaban. Karena banyak startup yang sukses, akan tetapi ada lebih banyak startup yang tumbang di tengah jalan. Bahkan ada yang tumbang tak sampai satu tahun.

Meskipun demikian, untuk terjun di dunia startup masih terbuka lebar dan peluangnya masih bagus. Jika memiliki konsep yang bagus, memiliki modal, dan tim yang solid, bukan tidak mungkin startup yang kita dirikan akan sukses, dan malah-malah bisa menembus menjadi startup unicorn.

Berbicara mengenai startup unicorn, teman-teman sudah pada tahu belum sih? Jadi startup unicorn adalah startup yang telah memiliki nilai valuasi sebesar 1 Milliar Dollar Amerika atau jika dirupiahkan mencapai lebih dari 14 triliun. Dengan angka sebesar itu, memangnya ada ya startup dari Indonesia yang menyentuh angka tersebut?

Nyatanya Indonesia kini memiliki 4 startup unicorn. Siapa saja sih startup unicorn dari Indonesia?

Gojek

Negara Indonesia mencatatkan namanya dalam startup unicorn pertamakali diwakili oleh Go-Jek Indonesia. Go-Jek menjadi startup unicorn pada bulan Mei 2017.

Startup besutan Nadiem Makariem saat ini memiliki belasan layanan bagi penggunanya. Di awal, Go-Jek hanya penyedia ojek daring, namun kini hberbagai layanan bisa dinikmati penggunanya, mulai dari Go-Food, Go-Massage, Go-Tix, Go-Mart, Go-Send, dan lain sebagainya.

Go-Jek menjadi startup pertama dari Indonesia yang mencatatkan namanya di kancah startup unicorn di dunia.

Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu marketplace paling besar di Indonesia. Tokoedia mencatatkan namanya pada jajaran startup unicorn di dunia pada Agustus 2017.

Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tahun 2009. Hanya dengan waktu delapan tahun, Tokopedia mampu menjadi startup unicorn. Betapa cepatnya bukan?

Tokopedia resmi menjadi startup unicorn karena mendapatkan kucuran dana segar dari Alibaba Grup, raksasa e-commerce yang didirikan oleh Jack Ma.

Traveloka

Awalnya Traveloka hanya melayani pemesanan tiket pesawat dan hotel. AKan tetapi, kini, Traveloka telah memiliki berbagai layanan yang bisa dinikmati oelh pengguna.

Traveloka didirikan oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang bahkan sudah menjangkau Asia Tenggara, yakni Singapura, Malaysia, Filipina, dan Thailand.

Bukalapak

Bukalapak menyusul Traveloka dan mencatatkan namanya menjadi startup unicorn keempat asal Indonesia. Jika menilik persaingan antara Bukalapak dan Tokopedia, tentunya tak akan kaget lagi jika Bukalapak juga menjadi startup unicorn.

Bukalapak resmi menjadi startup unicorn pada 17 November 2017. Dengan memiliki status baru ini, persaingan antara Bukalapak dan Tokopedia akan lebih seru dan semakin sengit. Akankah salah satu dari mereka tumbang? Tuntu bisa, pun juga tidak bisa.

Nah itulah empat startup asal Indonesia yang resmi menyandang sebagai startup unicorn. Oh ya, kalau kalian, kapan bikin startup?

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.