keuntungan bekerja di coworking space
keuntungan bekerja di coworking space

Dengan perkembangan dunia teknologi khususnya digital, membuat hampir semua sektor saat ini juga menggunakan digital. Era digital seperti sekarang membuat perusaahan yang sebelumnya konvensional banyak yang beralih ke ranah online.

Tidak hanya itu saja, beberapa tahun terakhir banyak juga startup-startup yang lahir di Indonesia maupun dunia. Perkembangan startup di Indonesia sangat cepat. Hingga saat ini, Indonesia telah memiliki ratusan startup yang tersebar di seluruh kota di Indonesia.

Startup-startup ini lahir dari berbagai macam jenis startup. Mulai dari ecommerce, SaaS, Media, Fitech, dan lain sebagainya. Dari kesemuanya, Indonesia didominasi oleh startup fintech. Hingga tahun ini, Indonesia memiliki 4 startup unicorn.

Munculnya startup membuka peluang baru bagi mereka yang ingin mencari tempat kerja bagi usahanya. Penyewaan kantor dengan skala kecil, terus hadir di kota-kota besar di Indonesia.

Hal ini berbanding lurus dengan banyaknya coworking space di seluruh Indonesia. Bagi pelaku dunia digital, khususnya startup, pasti sudah tahu mengenai Coworking Space. Namun, bagi sebagian orang, masih banyak yang belum tahu tentang coworking space.

Coworking Space secara sederhana adalah tempat kerja bersama. Kita bisa bekerja bersama dalam satu ruangan bersama dengan orang lain, dari berbagai latar belakang yang berbeda.

Di Coworking Space umumnya yang bekerja adalah mereka pelaku usaha yang bergerak di digital, dengan kata lain startup. Tapi tidak hanya startup saja sih. Karena Coworking Space disewakan untuk semua orang. Selain dari startup, banyak pekerja di Coworking Space seperti freelancer, digital nomad, bahkan sampai mahasiswa.

Kemunculan Coworking Sace ini adalah, karena banyaknya pekerja khususnya freelancer yang tidak memiliki kantor dan bekerja di kafe maupun rumah. Mereka yang bekerja di rumah atau kafe, mungkin ada kekurangan, misalnya tempat berisik, kurang nyaman, dan lain sebagainya.

Dengan alasan itulah, Coworking Space kini mulai dilirik dan digunakan oleh pekerja freelance. Secara sederhananya adalah Coworking Space adalah perpaduan antara rumah dan kafe.

Apa saja Keuntungan Bekerja di Coworking Space?

Fasilitas Lengkap

Sebelumnya kami telah menyebutkan bahwa konsep dari Coworking Space adalah perpaduan antara rumah dan kafe. Tapi sebenarnya lebih dari itu. Kamu dapat menggunakan berbagai fasilitas yang ada di Coworking Space. Misalnya bisa mencetak dokumen, menggunakan slide proyektor, ruang meeting, menikmati kopi, teh, dan lain sebagainya.

Dengan kamu bekerja di Coworking Space, kamu bisa menggunakan fasilitas yang telah disediakan.

Lingkungan yang Kondusif

Saat bekerja, apa sih yang diperlukan itu? Salah satu yang penting adalah lingkungan. Dengan lingkungan yang kondusif dan nyaman, akan lebih maksimal dan menambah produktivitas pekerjaan kita. Sebaliknya, jika kondisi kurang nyaman, pekerjaan kita akan terganggu.

Peluang Bisnis

Seperti yang sudah sedikit saya bahas mengenai coworking space. Para pekerja di tempat ini datang dari berbagai latar belakang. Dengan kondisi itulah, kamu bisa berkenalan dengan para pekerja lain dan jika memungkinkan bisa membuat bisnis bersama.

Selain itu, kamu juga bisa memperoleh informasi dengan cepat ketika tempat tersebut akan mengadakan workshop, misalnya.

Berbagi Wawasan ke Pengguna Lain

Jaringan adalah salah satu hal penting bagi pendiri startup. Nah Coworking Space adalah tempat yang tepat untuk memperluas jaringan. Selain itu, kamu juga bisa menambah wawasan kepada pengguna lain. Dengan cara ini, kamu juga bisa mendapatkan ide-ide baru untuk diajak berkolaborasi dengan pekerja lain.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.