Kesalahan Pengusaha Pemula
Kesalahan Pengusaha Pemula

Beberapa waktu lalu, Smangap telah membuat postingan mengenai 5 ide bisnis online untuk generasi milenial. Nah jika sudah menemukan idenya, dan ingin menjalankan bisnis, ketahui beberapa hal agar bisnismu bisa berkembang dan maju.

Sebab, semua orang itu bisa menjadi seorang pelaku bisnis. Akan tetapi tidak semua orang mampu mempertahankan bisnisnya, apalagi bisa menjalankan hingga bertahun-tahun.

Dalam mejalankan bisnis, bukan hal yang aneh jika melakukan kesalahan, apalagi bagi pemula. Untuk meminimalisir kesalahan tersebut, saya akan memberikan beberapa hal kesalahan yang bisa dihindari.

Sebenarnya kesalahan juga bisa membuat kita belajar, akan tetapi lebh baik jika bisa meminimalisirnya. Lalu apa saja sih? Yuk simak artikel ini sampai habis, ya.

Apa Saja Kesalahan Pengusaha Pemula yang Membuat Gulung Tikar?

Salah Memilih Rekan Bisnis

Rekan Bisnis yang Tepat
Cari Rekan Bisnis yang Tepat

Saat menjalankan bisnis, pasti yang diharapkan adalah bisa meraih untung dan bisnisnya bisa tumbuh dengan cepat. Akan tetapi, yang perlu diketahui adalah, ide dan konsep sebagus apapun, jika kamu lakukan sendirian juga akan sulit untuk berhasil.

Maka harus dibutuhkan orang-orang yang tepat untuk mengubah atau merealisasikan gagasanmu. Maka dari itu, memilih rekan bisnis itu ga bisa asal-asalan.

Untuk itu, partner bisnismu harus sesuai dan sejalan dengan visi dan misimu. Satu lagi, rekan bisnismu juga harus memiliki kemampuan yang dibutuhkan, agar bisnismu bisa bertahan dan berkembang.

Tidak Memperluas jaringan

Jaringan itu penting. Apalagi bagi seorang pelaku bisnis. Maka dari itu, kita harus terus membuka jaringan. Di mana saja dan kapan saja.

Memperluas jaringan salah satu kesempatan untuk bertemu dengan investor, maupun rekan kerja yang potensial. Dengan memperluas jaringan, bisnis yang kamu jalankan juga akan lebih dikenal oleh banyak orang.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan ide atau gagasan-gagasan baru dari orang yang baru kamu kenal. Jika kamu tidak memperluas jaringan, bisnismu akan sulit berkembang.

Mengerjakan Semuanya Sendirian

Di awal sudah sedikit saya ulas bahwa menjalankan bisnis itu tidak bisa sendirian. Meski kamu memiliki gagasan yang brilian, memiliki kemampuan yang baik, tapi jika kamu kerjakan sendirian, maka bisnismu akan kesulitan untuk berkembang.

Sebab yang namanya usaha atau bisnis itu, tidak bisa sendirian. Kamu jago di marketing, mungkin kamu akan kurang di bagian operasional, manajemen, atau lainnya.

Oleh karena itu, harus mengajak rekan bisnis yang bisa diandalkan. Bekerjasama dengan orang yang tepat juga akan menghemat waktu dan kamu bisa memikirkan strategi bisnis yang di perlukan.

Investasi Besar, tapi tidak paham

Ketika bisnis yang kamu jalankan ternyata sudah mendapatkan profit yang lumayan, biasanya langsung investasi besar-besaran. Pikirannya adalah bisa meraih untung yang besar.

Investasi yang dimaksud di sini adalah misalnya dengan membeli alat atau teknologi, investasi SDM, dan lain sebagainya.

Yang perlu diingat adalah, boleh-boleh saja dengan melakukan strategi seperti ini. Tapi harus dilakukan dengan tepat. Jika asal-asalan akan menjadi bumerang bagi bisnismu.

Apakah investasi yang kamu lakukan sudah tepat, dan bagaimana prospek ke depannya. Pikirkan dengan baik agar niat untuk meraih keuntungan itu tidak menjadi meraih kerugian.

Manajemen yang Sembarangan

Tidak Melakukan Manajemen yang Baik
Tidak Melakukan Manajemen yang Baik

Manajemen adalah salah satu kunci utama bisnis kamu sukses. Jika kamu masih sembarangan soal waktu, uang, dan kedisiplinan, maka jangan harap bisnis kamu akan maju.

Salah satu contoh pengelolaan yang fatal adalah, misalnya adalah uang perusahaan dicampur dengan uang pribadi. Tidak ada catatan uang keluar masuk, dan lain sebagainya.

Meski sepele, tidak menerapkan manajemen yang baik akan menghambat bisnismu bahkan bisa gulung tikar.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.