Ingin Resign, Tapi Belum Memiliki Pekerjaan Baru Siapkan 4 Hal ini
Ingin Resign? Tapi Belum Memiliki Pekerjaan Baru Siapkan 4 Hal ini

Sebelumnya, kami sudah menulis tentang 9 Kondisi yang Tepat Mengapa Kamu Harus Mengundurkan Diri dari Perusahaan. Bagi kamu yang saat ini ingin resign atau berhenti dari kerja di sebuah perusahaan, jangan cepat-cepat mengambil tindakan. Namun, jika keinginan tersebut sudah bulat, apa boleh buat. Akan tetapi, sebelum benar-benar resign, kamu harus memiliki beberapa persiapan, agar kamu bisa bertahan secara finansial.

Karena dengan kamu memutuskan untuk resign, maka kamu tidak akan mendapatkan gaji tetap setiap bulannya. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan hal-hal yang perlu kamu ketahui. Apalagi, saat memutuskan resign, kamu belum memiliki pekerjaan baru.

Apa saja sih yang diperlukan, ketika kamu ingin  keluar dari pekerjaan, dan belum memiliki pekerjaan baru? Yuk simak artikel dari Smangap.Com di bawah ini.

Memiliki Tabungan

Ketika kamu sudah memutuskan keluar dari perusahaan, dan belum memiliki pekerjaan baru, maka yang perlu kamu siapkan adalah tabungan. Karena mendapatkan pekerjaan baru itu tidak mudah, dan tentunya butuh waktu yang tidak sebentar.

Kamu bisa menyiasati untuk bertahan hidup dari uang tabunganmu. Misalnya kamu membutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk mendapatkan pekerjaan baru, sebaiknya kamu harus siap dengan memiliki uang tabungan minimal 3 bulan untuk biaya hidup.

Contoh sederhananya adalah, biaya setiap bulan kamu menghabiskan sekitar 3 juta. Maka dari itu, kamu harus menyiapkan tabungan sebesar 9 juta. Poin plus lagi jika kamu bisa memiliki tabungan lebih dari 9 juta, akan membuat kehidupanmu lebih baik.

Bebas Dari Hutang

Selanjutnya jika kamu berencana resign dari pekerjaan, yang perlu kamu tahu adalah bebas dari hutang. Pastikan kamu tidak memiliki cicilan kredit atau hutang, sebelum kamu memiliki pekerjaan baru.

Jika sebelumnya kamu memiliki hutang atau kredit, alangkah lebih baiknya kamu melunasi kredit tersebut agar saat kamu belum memiliki pekerjaan, bisa terbebas dari hutang.

Investasi

Tak kalah penting lagi adalah investasi. Sebelum kamu memutuskan untuk mengundurkan diri, maka kamu harus mencoba untuk berinvestasi. Investasi jenisnya banyak. Kamu bisa mengambil investasi jangkan pendek sebagai dana cadangan.

kamu bisa mencari investasi yang memberikan return atau pengembalian yang menguntungkan dengan waktu singkat. Tapi ingat, dalam berinvestasi harus bijak. Misalnya bisa berinvestasi berupa emas.

Terdapat Sumber Penghasilan Lain

Yang terakhir sebelum kamu memtuskan untuk mengundurkan diri adalah adanya sumber penghasilan lain dari pekerjaan utama. Dengan mempunyai penghasilan lain, kamu bisa memiliki kesempatan untuk menabung lebih banyak, dibanding dengan tidak memiliki penghasilan tambahan.

Kamu bisa mencari penghasilan tambahan dengan mudah. Dengan majunya teknologi seperti sekarang, kamu sangat mudah mencari pekerjaan di dunia freelance. Misalnya menjadi penulis, desainer, atau membuka toko online. Banyak cara di dunia online untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Itulah 4 hal yang harus kamu siapkan ketika memutuskan untuk resign dari sebuah perusahaan. Jika tidak memenuhi 4 hal di atas, lebih baik kamu urungkan niat untuk resign.  Jadi, apakah kamu sudah siap resign sekarang?

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.