Mengecilkan perut dengan gerakan yoga
Mengecilkan perut dengan gerakan yoga

Olahraga Yoga merupakan olahraga yang banyak diminati oleh kaum wanita. Terutama mereka yang ingin memiliki perut rata dan ramping. Memiliki perut rata dan ramping bukan suatu hal tidak mungkin jika mau berusaha mewujudkannya. Salah satunya dengan melakukan gerakan-gerakan yoga yang bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengecilkan perut.

Seperti gerakan-gerakan yoga di bawah ini. Katanya jika kamu melakukan gerakan yoga selama 45 hari, hasilnya sudah bisa terlihat loh. Penasaran, yuk kita bahas satu persatu dari gerakan yoga yang efektif untuk mengecilkan perut.

  1. Pose Tadasana, gerakan yoga untuk pemula

Pose Tadasana merupakan gerakan yoga yang paling cocok untuk pemula. Pasalnya tadasana adalah gerakan pertama dalam proses yoga dengan berdiri setegak mungkin di atas matras, kemudian jinjitkan kaki dan Tarik kedua tangan ke atas sembari menarik napas. Lakukan gerakan ini secara berulang–ulang setiap detik sebanyak 10 kali.

Pose tadasana berfungsi untuk menguatkan otot bagian perut, meningkatkan sirkulasi peledaran darah dalam tubuh dan membantu menyeimbangkan kinerja otot tubuh secara alami.

Pose Tadasana yoga
Pose Tadasana yoga
  1. Pose Padahastasana, gerakan yoga yang bikin langsing dan pintar

Pose dalam gerakan yoga satu ini, selain bisa mengecilkan perut, juga bisa membuat pintar. Pasalnya gerakan yang dimulai dengan ambil posisi berdiri tegak dan mengangkat tangan ke atas sambil menarik nafas, dilanjutkan dengan menarik kedua tangan ke bawah hingga menyentuh telapak kaki, gerakan ini bisa memperlancar pasokan oksigen ke otak, jadi sel-sel otakpun bisa bekerja lebih aktif.

Oh ya, lakukan pose padahastasana hingga 1 menit, dan ulangi beberapa kali.

Pose Padahastasana
Pose Padahastasana
  1. Pose Pavanamuktasana, gerakan yoga yang bisa dilakukan sambil tidur di Kasur

Pose Pavanamuktasana merupakan gerakan yoga yang paling santai karena bisa dilakukan sambil tiduran di tempat tidur tapi efektif untuk mengecilkan perut.

Kamu dapat melakukan pose ini dengan posisi telentang sempurna di atas Kasur, angkat kepala dan Tarik kedua kaki sambil menarik napas, lalu cium lutut sambil menghembuskan napas. Pastikan punggung tidak ikut terangkat. Ulangi pose ini selama beberapa kali.

Pose Pavanamuktasana
Pose Pavanamuktasana
  1. Pose Uttanpadasana, kaki seperti model bisa kamu dapatkan dengan pose ini

Selain efektif mengecilkan perut, pose satu ini bisa juga berfungsi untuk mengencangkan otot kaki sehingga bisa membuat kaki kamu lebih jenjang seperti model.

Caranya, berbaringlah dengan posisi sempurna (kaki dan tangan lurus dan rapat), angkat kedua kaki secara perlahan hingga 40 derajat sambil menarik napas secara perlahan, turunkan kaki dengan perlahan, kemudian ulangi gerakan ini minimal 5 kali dalam setiap latihan.

Pose Uttanpadasana
Pose Uttanpadasana
  1. Pose Paschimottanasana

Kenapa pose Paschimottanasana mampu mengecilkan perut, karena pose ini ampuh untuk membakar timbunan lemak di perut.

Caranya, duduklah dengan posisi kaki lurus ke depan, tarik napas sembari mengecilkan perut, kemudian sentuhlah kaki dengan tangan sembari mencium lutut kaki sambil menarik napas perlahan dan hermbuskan secara perlahan, tahan selama 60 detik dan ulangi pose ini  minimal 5kali dalam setiap latihan

Pose Paschimottanasana
Pose Paschimottanasana
  1. Pose Bhujangansana, pose yoga dengan tiga manfaat sekaligus

Pose dalam gerakan satu ini, bukan hanya mampu mengecilkan perut, tapi juga mampu melenyapkan lemak yang menumpuk di perut, serta mampu melenturkan bagian pinggang dan pungguh belakang.

Pose yang sering disebut seperti pose ular kobra ini dimulai dengan tidur terngkurap dengan kaki lurus sempurna, posisi kedua tangan dibagian bahu. Tarik napas secara perlahan, kemudian angkat badan ke arah belakang dengan kedua tangan. Tahan posisi ini selama 1 menit, atau selama kamu dapat menahan napas. Lakukan gerakan ini minimal 5 kali dalam setiap latihan.

Pose Bhujangansana
Pose Bhujangansana
  1. Pose Naukasana, pose simple tapi mampu membuat kamu mendapatkan perut idaman

Pose naukasana dalam gerakan yoga, meskipun simpel namun mampu melatih kekuatan otot perut, sekaligus membantu membakar lemak pada perut.

Cara melakukan pose ini, kamu cukup mulai dengan berbaring telentang dengan posisi sempurna di atas tempat tidur atau matras. Angkat tangan, kaki, bahu dan kepala secara perlahan sampai menyerupai huruf V, kemudian ambil napas secara rileks. Lakukan gerakan ini minimal 5 kali dalam setiap latihan.

Pose Naukasana
Pose Naukasana

 

Nah, itulah 7 gerakan yoga yang bisa membantu kamu mendapatkan perut langsing dan rata. Jangan lupa lakukan secara konsisten untuk hasil yang maksimal. Perut langsing dan rata, kamu juga bisa!

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.