Bukit Sikunir
Bukit Sikunir

Golden Sunrise Sikunir, Spot Terbaik Menyaksikan Sunrise se-Asia Tenggara. Pengin punya pengalaman baru dengan melihat sunrise dari tempat terbaik? Kamu bisa mendapatkannya di Bukit Sikunir, Dieng. Sebuah bukit yang merupakan spot terbaik untuk melihat matahari terbit yang berada di dalam wilayah wisata dieng plateau ini memang sudah tak asing lagi bagi traveller.

Tak seperti spot untuk melihat sunrise lainnya, untuk menuju spot sunrise di Bukit Sikunir, kamu hanya perlu trekking kurang dari 30 menit saja menuju wisata Dieng, dan mata kamu akan dibuat terpesona dengan maha karya Tuhan yang luar biasa satu ini.

Semburat sinarnya yang menerobos gelap, serta kehangatan sinarnya, mampu membangunkan siapapun yang berselimut. Merekam momen saat naiknya matahari beserta sinarnya yang pelan-pelan melenyapkan gelap, akan menjadi memorial tersendiri bagi penikmatnya. Mata tak heran jika sunrise bukit sikunir sering dijuluki sebagai golden sunrise terbaik se-Asia tenggara.

Asal Mula Bukit Sikunir

Sikunir berasal dari kata kunir atau kunyit dalam Bahasa Jawa. Sebuah warna dari rona langit sikunir pada saat matahari terbit yang hampir mirip dengan warna kunyit, itulah yang menyebabkan bukit itu di namai bukit sikunir.

Selain dapat melihat golden sunrise, berada di puncak bukit sikunir, pandangan kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan puncak 7 gunung lainnya sekaligus: Gunung Sindoro, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Lawu, Puncak Telomoyo, Gunung Ungaran, dan Gunung Prau.

Lokasi dan rute menuju puncak sikunir

Bukit sikunir terletak di Desa sembungan yang merupakan desa tertinggi di pulau Jawa dengan titik koordinat -7.237758, 109.924938.

Untuk menuju puncak sikunir, kamu hanya perlu trekking kurang dari 30 menit dengan medan yang cukup mudah. Bahkan cukup ramah untuk yang membawa anak-anak atau bahkan manula. Pengurus sendiri sudah membuka beberapa jalur. Kamu tinggal mengikuti petunjuknya saja. Karena tidak ada penerangan di puncak sikunir, jangan lupa bawa senter ya.

Rute menuju Sikunir, kamu bisa menggunakan rute dari manapun dengan tujuan wonosobo, jika kamu sudah tiba di Alun-alun Wonosobo, lurus terus ke arah Dieng.

Jika kamua sudah tiba di gerbang Dieng, ambil kiri ke arah telaga warna. Lurus terus menuju desa sembungan. Untuk akses menuju desa sembungan masih terjal, kami sarankan untuk hati-hati dan mengurangi kecepatan kendaraan.

Golden Sunrise Sikunir, Spot Terbaik menyaksikan sunrise se-Asia Tenggara

Fasilitas puncak sikunir

Takut melewatkan momen terbaik saat terbitnya matahari di Bukit Sikunir, kamu bisa menginap dengan mendirikan tenda di kawasan Telaga Cebong. Untuk kamu yang tidak sempat membawa tenda, jangan khawatir Pihak pengelola pariwisata juga menyediakan persewaan tenda seharga IDR100.000/malam dan sleeping bag seharga IDR 10.000/malam.

Takut gak kuat dengan dinginnya hawa dieng di malam hari jika hanya berbekan sleeping bag, kamu juga bisa menginap di sekitar Desa Sembungan mulai dari harga IDR100.000/hari.

Untuk fasilitas toilet dan tempat sholat dan warung makan juga sudah lengkap bahkan di sana juga tersedia tukang ojek yang siap mengantarkan kamu dari parkiran sampai menuju ke pos pendakian di telaga cebong, tarifnya cukup murah cuma 5.000. Fasilitasnnya bener-bener bikin ramah anak bahkan manula banget.

Satu tips bagi kamu yang tidak ingin melewatkan momen emas terbitnya matahari di puncak sikunir yaitu pada jam 3 dini hari, usahakan kamu sudah tiba di puncak sikunir. Selain agar tak melewatkan momen emas, kamu juga bisa mendapatkan tempat duduk yang nyaman untuk menikmati golden sunrise.

Jangan lupa sebelum mendaki, kenakan jaket gunung, lengkap dengan syal, masker dan penutup telinga agar pendakian bisa kamu nikmati tanpa terganggu udara dingin.

Gimana? Tertarik menikmati golden sunrise terbaik se-asia tenggara di Puncak Sikunir? Jangan lupa siapkan stamina kamu juga ya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.