Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya.

Begadang boleh saja, kalau ada perlunya.

Berbicara tentang begadang, langsung teringat dengan lagu Rhoma Irama. Lagu lama, tapi sangat familiar ditelinga. Kegiatan begadang rupanya tak pernah kehilangan peminat. Banyak dari kita yang masih mempertahankan kebiasaan begadang, entah untuk menyelesaikan sebuah proyek, menonton pertandingan sepak bola, atau begadang untuk belajar dengan sistem kebut semalam untuk persiapan ujian di sekolah. Namun, tahukah kamu, bahwa efek dari begadang cukup berbahaya bagi kesehatan?

Tubuh butuh istirahat cukup di malam hari

Kenapa kita butuh tidur? Karena saat kita tidur, beberapa organpun beristirahat untuk memaksimalkan kembali tugasnya esok hari. Nah, contohnya otak yang melepaskan hormon dan senyawa yang membantu proses metabolisme dalam tubuh. Mulai dari mengembalikan nafsu makan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan daya ingat, memperbaiki mood, meningkatkan kebugaran, hingga meningkatkan energi dan fokus untuk beraktivitas keesokan harinya.

Selain itu, dengan tercukupi kebutuhan tidur kamu, kamu bisa mengelola stress dan gejala gangguan kejiwaan, seperti gangguan kecemasan dan depresi loh. Selain efek samping yang disebutkan tadi, kekurangan waktu tidur karena begadang juga bisa menyebabkan beberapa efek samping seperti di bawah ini!

  1. Rentan sakit
  2. Resiko penyakit jantung
  3. Meningkatkan penyakit kanker
  4. Pelupa
  5. Ganggu cara berfikir
  6. Bobot tubuh bertambah
  7. Resiko Diabetes
  8. Terlihat tua karena kulit yang akan terlihat tidak sehat (kusam, keriput)
  9. Hormon seks menurun
  10. Setres menjalin hubungan

Lama waktu tidur yang ideal bagi orang dewasa dan lansia adalah sekitar tujuh sampai delapan jam. Sementara itu, anak-anak dan remaja membutuhkan waktu tidur yang lebih lama (sekitar 8-12 jam, tergantung usianya)

Efek Samping Kebiasaan Begadang dan Cara Menghilangkannya
Efek Samping Kebiasaan Begadang dan Cara Menghilangkannya

Nah, karena betapa pentingnya tercukupi waktu tidur dan banyaknya bahaya dari kurangnya waktu tidur karena kegiatan begadang, smangap mau berbagi tips cara untuk menghilangkan kebiasaan begadang buat kamu yang sudah terlanjur menjadi kebiasaan. Simak ya!

  1. Beraktivitaslah dengan penuh di siang hari, sibukkan dirimu, sampai lelah agar kondisi badan kekurangan energi sehingga tubuh akan meminta istrirahat. Dengan begitu saat malam datang, kamu tidak mengalami kesulitan untuk tidur.
  2. Biasakan untuk berolahraga. Tidak perlu yang berat-berat, mulailah dengan yang ringan-ringan saja. Berupa pemanasan dan pendinginan.
  3. Biasakan untuk mengatur tubuh seperti membiasakan diri untuk tidur sebelum jam 12 malam, bahkan waktu yang tepat untuk tidur malam adalah pukul 21.00 dan bangun pukul 04.30.
  4. Hindari stres yang sangat berlebihan, ini sangat tidak baik karena penyakit kejiwaan ini akan membuat seseorang menjadi kesulitan tidur pada malam harinya.
  5. Hindari makan atau mengkonsumsi makanan berat di jam-jam malam karena dapat menyebabkan sulit tidur karena faktor kekenyangan.
  6. Hindari juga mengkonsumsi kafein di jam-jam mendekati waktu tidur. Efek negatif dari kafein yaitu ketergantungan dan membuat Anda lebih sulit tidur ketika dikonsumsi pada malam hari (sebleum tidur).
  7. Matikan lampu ketika tidur, selain membuat tubuh lebih sehat, juga membuat Anda dapat lebih mudah untuk tidur tepat waktu.
  8. Buat tempat tidurmu senyaman mungkin, bersihkan dari debu dan jika diperlukan gunakan aromateraphi untuk menenangkan perasaan.
  9. Setting alarm, dan letakkan jauh dari jangkauan tangan. Hal ini akan membuatmu ‘terpaksa’ bangun jika ingin mematikan alarm.

Nah, itulah tips cara untuk menghilangkan kebiasaan begadang buat kamu yang sudah terlanjur menjadi kebiasaan. Ingat, jaga sehat itu perlu. Jika bukan kamu yang menjaga tubuhmu, siapa lagi! Salam sehat, smangap!

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.