Bagaiamana sih Cara Menutup Kartu Kredit yang Benar
Bagaiamana sih Cara Menutup Kartu Kredit yang Benar

Di sini siapa yang memiliki kartu kredit? Sudah tahu kan tentang kartu kredit? Memiliki kartu kredit itu jika kita tahu manfaatnya, akan menguntungkan bagi penggunanya. Namun, hal ini masih banyak orang, khususnya yang baru saja memiliki kartu kredit kurang paham.

Memiliki kartu kredit itu memang menguntungkan. Tapi jika kamu mempunyai kartu kredit banyak, bisa-bisa kamu akan bingung untuk membayarnya. Karena memiliki kartu kredit itu harus sesuai dengan kebutuhan dan juga menimbang berapa besar kemampuan.

Oh ya, sebisa mungkin saat memiliki kartu kredit diusahakan untuk membayar tagihan secara penuh atau full payment. Hal ini akan meminimalisir terjadinya bunga yang akan dibebankan.

Dengan memiliki banyak kartu kredit, sebenarnya itu tidak baik. Karena kadang kamu tak akan bisa mengontrolnya. Untuk itu, Smangap.Com akan memberikan tips bagaimana menutup kartu kredit yang benar.

Bagaiamana sih Cara Menutup Kartu Kredit yang Benar?

Bayar Semua Tagihan

Saat ingin menutu kartu kredit, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membayar atau melunasi semua tagihan. Karena syarat utama untuk menutup kartu kredit adalah sudah tidak ada tagihan atau sederhananya adalah lunas. Karena jika kamu tidak melunasi, maka kartu kreditmu tak akan bisa ditutup.

Setelah melunasi tagihan kartu kredit, langkah selanjutnya adalah dengan lapror ke bank. Lapor di bank ini memliki 2 cara, yakni dengan mendatangi bank atau telepon ke call center.

Lapor ke Bank

Nah seperti yang sudah disinggung di atas adalah, setelah melunasi tagihan, kamu harus lapor ke bank bahwa ingin menutup kartu kredit.

Lebih baik saat kamu melapor ke bank, kamu langsung datang ke customer service di bank penerbit kartu kreditmu daripada dengan menelpon call center. Sebab jika kamu hanya menghubungi pihak call center, terkadang prosesnya agak berbelit-belit.

Ikuti Ketentuan yang Berlaku

Jika kamu menggunakan kartu kredit dengan baik, dan membayarnya selalu baik dan tidak pernah telat, maka sebenarnya menutup kartu kredit itu sangat mudah. Hal ini seperti saat kita aktivasi kartu kredit ketika pertama kali dikirim.

Poin penting adalah, kamu harus mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku. Oh ya, sebelum menutup kartu kredit, lebih baik pikir lagi dengan matang.

Amankan Bukti Tertulis

Setelah semua langkah telah kamu lakukan, dan kartu kreditmu berhasil kamu tutup. Maka yang perlu kamu lakukan adalah mintalah bukti-bukti atas penutupan kartu kreditmu.

Bukti ini sangat penting jika di suatu hari nanti, misalnya kamu mendapat tagihan baru. Karena setiap menutup kartu kredit itu pasti ada bukti penutupan.

Nah itulah lima langkah yang bisa kamu lakukaan saat ingin menutup kartu kredit. Semoga dengan adanya artikel ini, kamu bisa melakukan penutupan kartu kredit dengan mudah.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.