Cara menurunkan kolesterol dalam tubuh setelah idul adhaHari Raya idul adha selalu sepaket dengan melimpahnya stok daging di Rumah. Dari mulai sate, gulai, rendang, sop, berbahan daging pun tersaji di meja makan. Menu ini akan menjadi santapan selama satu minggu kedepan setelah idul adha.

Namun tahukah kamu bahwa sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi daging sapi atau kambing secara berlebihan dapat memicu naiknya kadar kolesterol?

Kolesterol adalah suatu senyawa lemak berlilin yang diproduksi oleh tubuh, tepatnya oleh organ hati. Kolesterol pada umumnya dibutuhkan tubuh untuk membantu fungsi organ agar berjalan dengan baik. Namun, kadar kolesterol yang berlebihan justru dapat menyebabkan terjadinya pengerasan pembuluh darah yang berakibat terjadinya serangan jantung dan stroke.

Nah, tapi jangan khawatir, beberapa hal bisa kamu lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh setelah mengkonsumsi daging kurban seperti yang sudah dirangkum oleh smangap.com.

Cara menurunkan kolesterol dalam tubuh setelah idul adha

  1. Imbangi dengan olahraga

Salah satu kegiatan olahraga yang bisa menurunkan kolesterol adalah aerobik. Olahraga ini merupakan jenis olahraga yang menstmulasi jantung dan paru-paru untuk bekerja lebih. Joging, lari, berenang, senam dan bersepeda merupakan pilihan olahraga aerobic yang bisa kamu lakukan. Hal ini akan membantu proses pembakaran kalori dalam tubuh.

Cara Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh Setelah Idul Adha
Cara Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh Setelah Idul Adha
  1. Minum air hangat

Biasakan konsumsi air hangat satu atau dua gelas setiap hari untuk membantu proses pencernaan makanan berminyak dengan mudah. Selain itu, kebiasaan rutin konsumsi air hangat dapat menjaga kesehatan hati, perut dan usus.

  1. Jangan langsung tidur setelah makan

Merasa ngantuk setelah makan adalah hal yang hampir pernah dirasakan setiap orang. Langsung tidur setelah makan dapat membuat kualitas tidur kamu tidak optimal, bahkan dapat meningkatkan risiko stroke.

Jika tak mau lemak menumpuk di dalam tubuh, hendaknya mengambil jeda 2-3 jam setelah makan sebelum tidur. Cara ini efektif untuk member waktu pada tubuh untuk mencerna makanan dan tidak langsung menumpuknya di tubuh.

  1. Hindari konsumsi makanan atau minuman dingin setelah makan makanan berlemak

Mengkonsumi makanan atau minuman dingin setelah makan makanan berlemak dapat memicu efek buruk pada hati, perut dan usus. Minyak akan membeku sehingga susah dicerna di dalam usus. Dan ini dapat menyebabkan sulitnya tubuh mengeluarkan kolesterol.

  1. Barengi dengan konsumsi makanan yang dapat meningkatkan HDL atau menurunkan kolesterol

Kolesterol dibagi menjadi dua jenis yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol yang baik dikenal dengan HDL (High Density lipoprotein) yang berfungsi untuk mencegah kolesterol jahat mengendap dan tidak merugikan tubuh.

Nah, untuk menurunkan kolesterol jahat, kamu perlu menaikkan kolesterol baik dengan mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan HDL. Seperti bubur, gandum/outmeal, kacang merah, pisang, apel, pir, buah prune, yoghurt dan coklat.

Makanan untuk menurunkan kolesterol

Atau kamu juga bisa menurunkan kolesterol jahat dengan mengkonsumsi beras merah, gandum, bayam, buncis, kedelai, bawah putih, kacang hazelnut, ikan omega 3, ikan salmon, jeruk nipis, jambu biji, delima, mangga, alpukat, anggur, buah zaitun, jeruk, lemon, strawberry dll

Itulah Cara menurunkan kolesterol dalam tubuh setelah idul adha hasil rangkuman smangap.com dari berbagai sumber. Idul adha saatnya pesta daging! Eitss… jalani juga tips-tips di atas agar kesehatan tetap terjaga.

Semoga bermanfaat. Salam.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.