Memiliki bekas luka terkadang bisa menyebabkan hilangnya kepercayaan diri bagi beberapa orang. Padahal bekas luka hampir dimiliki oleh setiap orang. Baik bekas luka kecil seperti bekas luka tergores maupun bekas luka serius seperti bekas luka bakar atau bekas luka operasi.

Untuk beberapa orang, bekas luka bisa hilang dengan sendirinya dalam jangka waktu yang tidak lama. Namun untuk beberapa orang ada yang mengalami kesulitan menghilangkan bekas luka, sehingga melakukan berbagai cara untuk menghilangkannya.

Mulai dari mengoleskan obat-obat yang mengandung zat kimia berbahaya, hingga mengkonsumsi obat yang tidak jelas kandungannya. Padahal untuk harganyapun tidak murah. Semua dilakukan untuk mengembalikan kepercayaan dirinya, tampil tanpa bekas luka.

Nah, daripada membeli obat atau salep dengan harga yang mahal dan tentunya tidak jelas kandungannya, sebaiknya kamu mencoba menghilangkan bekas luka dengan cara alami. Berikut cara menghilangkan bekas luka dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti yag dirangkum oleh smangap.com dari berbagai sumber.

9  cara menghilangkan bekas luka dengan menggunakan bahan-bahan alam

1. Minyak zaitun

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Minyak Zaitun
Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Minyak Zaitun

Buat kamu yang memiliki bekas luka membandel, kamu perlu mencoba memakai minyak zaitun. Kandungan zat linoreic acid di dalamnya dapat membantu menghilangkan bekas luka. Cara penggunaannya, cukup lakukan pemijatan dengan menggunakan minyak zaitun di area bekas luka, boleh dicampur dengan madu, diamkan selama 30 menit, lalu bilas sampai bersih.

2. Jeruk lemon

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa lemon memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Yang mana vitamin C memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit. Tidak hanya itu saja, lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang ada di dalam kulit sehingga seiring dengan berjalannya waktu, bekas luka bisa memudar. Caranya cukup dengan mengoleskan perasan lemon pada bekas luka kamu.

3. Jeruk nipis

Tidak jauh berbeda dengan jeruk lemon, jeruk nipis pun memiliki khasiat menghilangkan bekas luka karena kandungan anti oksidan dan vitamin C nya. Caranya, belah jeruk nipis menjadi dua bagian, oleskan pada bekas luka, diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih.

4. Madu

Selain jeruk nipis dan jeruk lemon, madu juga mengandung anti oksiden yang juga memiliki khasiat untuk mencerahkan kulit  dan mengangkat sel kulit mati. Cara penggunaanya, cukup oleskan 1 sdm madu di bekas luka, diamkan selama 30 menit, dan bilas menggunakan air sampai bersih.

5. Mentimun

Nah, mungkin kamu biasa mengkonsumsi mentimun hanya sebatas lalapan saja. Namun, tahukah kamu bahwa mentimun juga berguna untuk obat kecantikan? Yap, selain dikonsumsi sebagai lalapan, mentimun juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Cara penggunaanya cukup mudah, hancurkan mentimun seperti bentuk pasta, kompreskan pada bekas luka, diamkan sepanjang malam, dan lakukan secara rutin.

6. Bawang putih

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bawang Putih
Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bawang Putih

Bawang putih memang memiliki bau yang kurang sedap. Nah, teryata dibalik baunya yang kurang sedap, bawang putih berkhasiat menyamarkan bekas luka loh.. Caranya, potong setengah suing bawah putih, lalu gosokkan pada bekas luka. Lakukan secara rutin ya.

7. Putih telur

Selanjutnya, untuk menghilangkan bekas luka, kamu bisa menggunakan puth telur. Putih telur mengadung mikronutrien yang dipercaya apat menghilangkan bekas luka pada kulit. Cukup pisahkan putih telur dari kuning telur, dan oleskan pada bekas luka di kulit kamu. Untuk menghilangkan bau amin, kamu bisa menambahkan 1 sdm air jeruk nipis atau lemon.

8. Lidah buaya

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Lidah Buaya
Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Lidah Buaya

Selain berguna untuk perawatan rambut, ternyata lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka loh. Seperti cara kerja bahan alami penghilang bekas luka lainnya, penggunaan lidah buayapun cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bagian bekas luka. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air. Nah, lidah buaya juga bisa digunakan merata ke seluruh wajah untuk perawatan kecantikan.

9. Teh Hijau

Jika kamu penggemar teh di sore atau pagi hari, ternyata selain sebagai minuman anti oksidan, the hijau juga bisa membantu menyamarkan beka luka pada kulit. Cukup gosokan ampas teh hijau pada bekas luka secara rutin, dan lihat khasiatnya.

Nah, itulah cara menghilangkan bekas luka dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan yang tentunya bisa didapat dengan mudah dengan harga yang relative murah. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.