tips-cara-cara-mengendari-motor-saat-hujan

 

Tips & Cara Smangap.Com | Hallow sobat , Selamat isuk Menjelang siang sobat, ini masih masa2 nya ujan kan sobat. Ada yang takut kagak kalo waktu ujan mau naik motor ? Kalo jawabannya iya, ini ada tips dan cara berkendara saat ujan sobat. Baca yuk artikelnya  😀

Kita semua tau kalau mengendarai sepeda motor bukanlah hal yang asing lagi. Melainkan jumlah pengendara sepeda motor sudah sampai diujung tombak. Hal ini disebabkan karena mobilitas motor yang tinggi, dan juga hemat dalam urusan bbm. Nah karena itu, masyarakat memilih menggunakan motor untuk aktifitas nya sehari hari. Disamping itu, tingkat kecelakaan lalu lintas terbesar di Indonesia adalah kecelakaan motor. Apalagi kalau udah musim hujan, hadeh, Bahayanya ga nahan! Nah, sewaktu musim hujan, jalanan menjadi licin dan banyak genangannya, badan kita sebagai pengendara juga menjadi basah kuyup total. Waktu itu saya pernah sedang menaiki motor , tiba-tiba hujan deras sekali turun dan membuat saya hampir jatuh. Bahaya sekali. Nah, berikut di bawah ini adalah beberapa cara yang baik dan benar dalam bermotor menghadapi hujan sobat :

1. Selalu membawa jas hujan dalam perjalanan anda Sewaktu tetes tetes hujan mulai membasahi tanah dan diri anda sobat, segeralah anda ke pinggir jalan dan jangan panik, intinya woless aja ya sobat 😀 Tetap tenang dan keluarkan jas hujan anda. Lalu pakai lah jas hujan anda. Pastikan kepala anda tetap bebas bergerak! Jangan sampai tertahan oleh jas hujan yang anda sedang pakai. Pastikan juga jas hujan anda tidak menutupi anda untuk melihat kebelakang melalui kaca spion.

2. Selalu bawa saputangan, busi cadangan lebih dan alat pemasang pencopot busi Lah atau apalah itu namanya sobat ? Ngapain bawa cadangan busi ? Hal ini karena anda tidak akan tahu kapan tepatnya sepeda motor akan mogok seketika dan anda juga tidak tahu saat motor anda mogok, ada bengkel terdekat tidak. Sewaktu hujan, air sangat memiliki potensi untuk masuk dan mengenai busi sepeda motor anda. Faktor utama yang dapat menyebabkan sepeda motor anda mogok adalah ketika musim hujan adalah busi kemasukan air. Jika motor anda mogok, segeralah copot busi dan bersihkan busi.

Ini Cara membersihkan si businya sobat ,  setelah busi di copot tutup tempat busi dengan kain kemudian lakukan seperti saat mau menyalakan sepeda motor. Tujuannya untuk mengeringkan tempat busi dari air. Jika masih tidak bisa, maka ganti saja dengan busi yang baru.

3. Tetap selalu memakai sepatu Jangan memakai sandal jepit saat berkendara sepeda motor. Apalagi disaat hujan, pada umumnya orang lebih sayang sepatunya daripada keselamatan dirinya, Bener kann sobat???? , padahal dengan menggunakan sepatu akan membuat kita lebih aman saat berkendara apalagi di saat hujan, dimana jalan banyak yang licin.

4. Saat hujan, jangan melipat celana Anda. Mengapa? Karena dapat membahayakan kaki Anda. Pertama, bahaya terkena panasnya mesin sepeda motor, dan yang kedua, berbahaya saat terjatuh kaki akan tidak terlindungi sehingga rawan luka.

5. Saat hujan, pastikan lampu sepeda motor Anda selalu menyala Dalam keadaan hujan kurangi kecepatan Anda dalam berkendara sekalipun di tempat yang sepi. Jaga jarak yang cukup dengan kendaraan di depan. Hujan dapat menghalangi pandangan, untuk itu harus berhati-hati karena setiap saat mungkin memerlukan tindakan untuk berhenti mendadak. Mungkin karena ada jalan yang berlubang, mungkin ada orang yang menyeberang jalan, mungkin juga ada kendaraan berlawanan arah dengan Anda yang sedang menyalip. Nah, di saat hujan, rem terkadang tidak berfungsi seakurat seperti saat tidak hujan. Karena sekalipun roda sudah berhenti, ban sepeda motor cukup licin untuk bergesekan dengan jalan. Dan ingat yaa sobat, saat mengerem akan lebih bagus jika menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan serta sedikit demi sedikit.

Nahhhh,kalo gitu ini dulu aja yak sobat , terimakasih sudah mau menyempatkan waktu untuk membaca. Jangan lupa share juga ya sobat. Agar teman2 kita berhati-hati jika berkendara saat hujan sobat. 🙂

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.