Cara Membuat Paspor Pertama kali Secara Manual
Cara Membuat Paspor Pertama kali Secara Manual

cara membuat paspor pertama kali. Berniat melakukan perjalanan ke luar negeri dalam waktu dekat, tentunya selain harus menyiapkan akomodasi dan penginapan, kamu juga perlu mempersiapkan paspor.

Untuk kamu yang baru pertama kali melakukan perjalanan ke luar negeri, tentunya kamu harus membuat paspor terlebih dahulu sebagai dokumen utama.  Tenang, membuat paspor gak begitu sulit kok, asalkan kamu sudah mempersiapkan berbagai persyaratannya dan mengikuti prosedur dengan baik.

Di postingan kali ini smangap.com mau berbagi cara membuat paspor pertama kali secara manual. begini cara membuat paspor secara manual.

  1. Siapkan dokumen persyaratan

Untuk membuat paspor, dokumen persyaratan yang perlu kamu siapkan adalah KTP harus sudah berformat E-KTP); Kartu Keluarga (KK yang sudah ditandatangani); dan Akta Lahir.

Bagi yang KTP-nya belum berformat E-KTP, diharapkan kamu membuat terlebih dahulu. Jika E-KTP sudah dibuat tapi belum jadi, kamu bisa menggunakan surat keterangan telah melakukan rekam data atau surat keterangan pengganti identitas.

Bagi kamu yang tidak memiliki akta kelahiran, jangan khawatir, kamu tetap bisa membuat paspor dengan menggunakan ijazah atau buku nikah sebagai dokumen pengganti akta kelahiran.

Satu lagi tambahan, jika kamu ingin ke luar negeri tapi usiamu belum cukup untuk membuat KTP, kamu bisa melampirkan KTP dan surat nikah orangtua.

Untuk kamu yang ingin berangkat haji atau umrah, lampirkan juga surat keterangan dari biro haji atau umrahnya juga ya. Jangan lupa semua dokumen wajib kamu fotokopi terlebih dahulu.

  1. Datang ke Kantor Imigrasi

Setelah memastikan semua dokumen persyaratan lengkap, langkah selanjutnya adalah pengajuan pembuatan paspor. Dalam tahap ini, kamu perlu datang ke kantor imigrasi.

Kantor pelayanan imigrasi buka pukul 08.00 WIB, namun sangat disarankan kamu datang lebih pagi untuk mengambil nomor antrian. Setelah mengambil nomor antrian, tunggulah sampai petugas memanggil untuk memeriksa kelengkapan dokumen. Setelah semua lengkap, petugas akan memberikan formulir pendaftaran disertai stopmap khusus warna putih.

Perlu diketahui, formulir maupun stopmap diberikan secara gratis jadi kamu tidak perlu mengeluarkan uang.

  1. Wawancara & Foto

Sambil menunggu giliran untuk sesi wawancara dan foto, kamu bisa mengisi formulir yang diberikan petugas. Kamu akan kembali dipanggil sesuai nomor antrean. Ketika dipanggil, kamu akan masuk ke ruangan yang berisi beberapa loket pelayanan pembuatan paspor.

Hal-hal yang ditanyakan saat wawancara cukup mendasar, seperti negara tujuan, tujuan kepergian, dan tentunya petugas akan kembali memeriksa kelengkapan dokumen. Jika dokumen dan tahap wawancara selesai, kamu akan masuk ke sesi foto dan pengambilan sidik jari.

  1. Proses pembayaran

Setelah selesai melakukan wawancara dan foto, kamu akan mendapatkan bukti pembuatan paspor yang di dalamnya terdapat rincian biaya administrasi yang harus kamu bayar di bank paling lambat 7 hari kerja.

Pembayarannya bisa dilakukan melalui teller atau ATM Bank BNI. Sedangkan untuk biaya yang harus disiapkan, jika memilih paspor setebal 48 halaman adalah Rp 300 ribu ditambah biaya jasa TI biometric Rp 55 ribu. Sedangkan untuk biaya pembuatan paspor 24 halaman adalah Rp 100 ribu ditambah biaya jasa TI biometric Rp 55 ribu.

  1. Paspor selesai dan sudah bisa diambil

Inilah yang ditunggu-tunggu. Biasanya paspor selesai dan bisa diambil berjarak 3hari dari proses pembayaran. Saat pengambilan, jangan lupa membawa bukti keterangan pembuatan paspor beserta slip bukti pembayaran dari bank.

Nah, paspor kamu bisa diambil di kantor imigrasi pukul 10.00 – 15.00 WIB. Saat tiba di kantor imigrasi, jangan lupa ambil nomor antrean di loket khusus pengambilan paspor. Proses pengambilan paspor tidak lama, tinggal menunjukkan bukti bayar ke petugas, tanda tangan dan paspor pun bisa kamu bawa pulang.

Yes, paspor sudah di tangan, saatnya jalan-jalan ke luar negeri!

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.