Catatan Belanja
Catatan Belanja

Semua orang bisa berbisnis. Tapi tidak semua orang bisa mempertahankan bisnisnya. Apalagi bisa tumbuh kembang dan menjadi besar.

Dengan majunya teknologi seperti sekarang, saat ini banyak bisnis baru, seperti online shop, berjualan di marketplace, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya peluang bisnis, kamu juga bisa lebih bebas memilih bisnis mana yang menurutmu tepat.

Perlu diingat bahwa meskipun banyak bidang bisnis baru, tapi ketika kamu ingin bisnis, bidang tersebut harus sesuai dengan keahlian atau latar belakang.

Saat ini marketplace di Indonesia jumlahnya semakin banyak. Sisi positifnya adalah, kamu bisa menjual di semua marketplace yang tersedia. Dengan adanya marketplace, kamu sebagai penjual juga sudah dimudahkan.

Jika kamu ingin menjalankan bisnis, maka harus dimulai dari yang terkecil dulu. Misalnya kamu menjual pakaian, maka dari iu kamu bisa membeli pakaian dengan sistem grosiran.

Setelah itu, kamu bisa menjualnya secara online, atau ke konvensional. Namun perlu diperhatikan bahwa, ketuka kamu ingin membeli barang tersebut, harus memiliki tips dan triknya.

Karena jika kamu asal beli tanpa perhitungan, bisa-bisa bisnis yang kamu jalanan malah gagal. Gak mau kan jika ini terjadi?

Cara Cerdas Belanja Grosiran Bagi Pelaku Bisnis Pemula

Catat Barang belanjaan

Catatan Belanja
Catatan Belanja

Sebenarnya poin yang pertama ini tidak hanya berlaku bagi pelaku bisnis saja sih. Tapi untuk semua orang.

Sampai sekarang, masih banyak orang yang menyepelekan tentang pencatatan dalam berbelanja. Padahal ini sangat penting. Mencatat barang belanjaan itu tidak hanya dilakukan saat akan belanja bulanan saja, tetapi saat kamu ingin belanja grosiran, juga diperlukan pencatatan.

Apa sih pentingnya dari pencatatan? Dengan mencatat, maka barang yang akan kamu beli tidak terlupakan. Selain itu juga memudahkan kamu saat berbelanja. Jadi kamu bisa menghemat waktu.

Oh ya yang perlu kamu ketahui tentang mencatat barang grosiran adalah, seperti perkiraan harga di pasaran, model barang, dan juga jumlah yang akan kamu beli. Kamu bisa melakukan survei terlebih dahulu untuk membanding produk yang akan kamu beli.

Saat ini membandingkan harga sangat mudah kok. Kamu bisa menggunakan internet mengenai harga, modelm dan lain sebagainya.

Riset Barang dan Harga Saat di Lokasi

Belanja Grosiran
Belanja Grosiran

Ketika kamu sudah di pasar grosir, maka yang perlu kamu lakukan adalah dengan membandingkan lagi antara toko grosir satu dan lainnya. Jangan malah kamu datang ke satu toko saja.

Ketika kamu menemukan toko yang tepat, kamu bisa mencatat nama tokonya, jenis barang, harga, dan lain sebagainya. Gunanya adalah untuk memudahkan kamu di kemudian hari.

Cek Lagi Barang yang Kamu Beli

Dengan kamu membeli grosiran, tentunya kamu harus teliti dalam membeli. Untuk itu, ketika kamu sudah setuju dan cocok dengan barang apa yang ingin kamu beli. Maka kamu harus cek kembali barang yang kamu beli, mulai dari model, warna, dan lain sebagainya. Pastikan barang yang kamu beli tidak salah.

Sebenarnya tips ini bukan hanya untuk pelaku bisnis pemula saja sih, tapi harus dilakukan oleh semua pelaku bisnis.

Bayar dengan Uang Cash

Sebenarnya ini bukan tips sih. Jika kamu ingin praktis, kamu bisa melakukan pembayaran dengan non tunai. Namun jika ingin membayar dengan uang cash. Kamu harus memisahkan mana uang untuk dagangan dan mana uang pribadi.

Lakukan dengan Konsisten

Tips yang terakhir adalah dengan melakukannya secara konsisten. Karena kunci kesuksesan salah satunya adalah dengan konsisten. Untuk itu, kamu sebagai pelaku bisnis pemula harus melakukannya dengan konsisten.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.