Zaman millennial dengan zaman saat orangtua mu muda, jelas sangat memiliki banyak perbedaan. Banyak hal-hal baru yang cenderung terlihat aneh di mata mereka, sehingga menimbulkan banyak pertanyaan bahkan larangan. Mulai dari kebiasaan memfoto makanan yang kerap membuat orangtua bertanya, apa sih tujuannya, kok makanan difoto. Sampai sistem kerja remote yang membuat mereka bertanya, itu jenis kerja apa sih. Kok bisa menghasilkan uang dan gak perlu datang ke kantor.

Untuk kamu generasi millennial, jangan khawatir. Wajar orangtuamu kerap beranggapan aneh. Karena zaman mudanya dulu, jelas sangat berbeda dengan masa mudamu sekarang. Nah, berikut yang merupakan ciri generasi millennial dan perlu dijelaskan ke orangtua.

Aplikasi kencan yang sebenarnya hanya kamu gunakan agar memiliki teman chatting baru

Aplikasi dating kerap membuat orang tua salah sangka. Banyak sekali orang tua yang mempertanyaan, hubungan macam apa yang bisa terjalin lewat dunia maya, yang awal mula kenal via chatting doang.

Terlebih banyak kasus kejahatan yang sering orang tua dengar bermula dari aplikasi kencan, semakin membuat orang tua was-was. Padahal yang ingin kamu lakukan hanya menemukan teman chatting atau ngobrol yang baru.

aplikasi kencan online
aplikasi kencan online

Melihatmu sering memakan emoji di aplikasi chatting, merekapun kerap mempertanyaan fungsi dan tujuannya.

Chatting tanpa menggunakan emoji itu rasanya hambar. Makanya kamu sering menggunakan emoji untuk lebih menghidupkan warna ketika chatting. Tapi, saat orang tua mu melihat, mereka kerap mempertanyakan “itu apa sih, tujuannya biar apa.”

Malah tak jarang orang tuamu ikut tertarik ingin menggunakan emoji juga. Nah, jika sudah begini, kamu perlu sabar menjelaskan tentang arti dari setiap emoji nya ya.

emoji pada aplikasi chatting
emoji pada aplikasi chatting

Selain aplikasi chatting, jangan lewatkan medsos yang sering kamu gunakan tak hanya untuk berkomunikasi tapi juga untuk menemukan dan berbagi informasi

Media sosial selalu identik dengan generasi millennial. Banyak waktu yang kamu habiskan dalam sehari untuk bermedia sosial. Namun, melihatmu yang lebih sering membuka media sosial, ketimbang buku pelajaran, kerap membuat orang tua mu berpikir  yang kamu lakukan sama sekali enggak berfaedah.

Jika sudah begini, coba jelaskan jika di zaman millennial ini, media sosial selain digunakan untuk berkomunikasi tapi juga bisa digunakan untuk menemukan informasi. Jadi, ilmu tak hanya didapat dari buku, menonton berita, bahkan mendengarkan siaran radio, ilmu juga bisa kamu dapatkan dengan mantengin sosial media.

sosial media
sosial media

Foto makanan sebelum disantap. Kata mereka, “tujuannya apa?”

Kegiatan memfoto makanan kerap menjadi kebiasaan generasi millennial. Tujuannya dari mulai sekadar ingin berbagi informasi tentang rasa makanan tersebut kepada followers, atau sekadar untuk bahan content di media sosial  atau memang itu salah satu pekerjaan yang kamu lakukkan untuk mendapatkan uang. Hal inilah yang kerap akan dipertanyaan saat orang tua melihat kebiasaan kamu memfoto makanan sebelum menyantapnya.

Memfoto makanan sebelum menyantapnya
Memfoto makanan sebelum menyantapnya

Kerja remote yang tak mengharuskan kamu datang ke kantor pun tak luput jadi pertanyaan

Memasuki era digital, banyak banget profesi baru bermunculan. Mulai dari bloggers, influencer, youtubers, vloggers dll. Definisi bekerjapun ikut bergeser. Tak hanya tentang sebuah kantor, dan hadir di sana selama 8 jam. Kini di era digital, banyak pekerjaan yang dapat dilakukan dari manapun tanpa menuntut seseorang untuk datang ke kantor. Hal inilah yang kerap ditanyakan orang tua, “kamu kerja apa sih, kok gak pernah liat kamu berangkat pagi-pagi terus ke kantor?”

sistem kerja remote
sistem kerja remote

Nah, itulah hal-hal yang perlu generasi millennial jelaskan ke orang tua. Orang tua mu sering mempertanyakan poin yang mana nih? Semoga kamu sabar ya menjelaskannya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.