Susi Pudjiastuti
Susi Pudjiastuti

Teman-teman di sini pasti sudah tidak asing lagi dengan pepatah lama yakni, “kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda”. Namun jika gagal terus, dan tidak bisa berfikir positif bahkan tidak optimis, maka gagal ya akan berhenti pada kegagalan. Sudah.

Namun, jika kegagalan tersebut dijadikan cambuk untuk meraih kesuksesan, nyatanya banyak kok yang mengalaminya. Ada beberapa bahkan puluhan tokoh-tokoh sukses yang dulunya sempat menikmati kegagalan berkali-kali. Meski demikian, siapa sih yang mau jatuh di lubang kegagalan. Inginnya kan bisa menikmati proses dengan baik, dan meraih sukses.

Oleh karena itu, mungkin kita bisa berkaca atau meniru tokoh-tokoh terkenal yang mengalami kegagalan, dan pada akhirnya mereka bisa meraih kesuksesan. Siapa saja sih? Yuk simak artikel dari Smangap di bawah ini.

Bill Gates

Bill Gates
Bill Gates

Bill Gates adalah salah satu orang paling kaya di dunia. Namun, perjalananya selama hidupnya tidak sesukses seperti sekarang. Ia tidak tiba-tiba menjadi orang paling kaya di dunia. Karena ia juga merasakan pahitnya kegagalan.

Perusahaan yang dia dirikan, yakni Microsoft, pernah berkali-kali gagal. Namun Bill Gates memiliki prinsip bahwa kegagalan itu penting untuk dipelajari, bukan malah ditutupi. Dan hasilnya, teman-teman tahu sendiri bukan, bahwa Microsoft yang dia dirikan kini sukses di dunia.

Untuk itu, kita bisa mencotoh Bill Gates mengenai prinsipnya, tentang kegagalan. Bahwa kegagalan adalah bagian dari proses belajar, dan penting untuk dipelajari, bukan untuk ditutupi.

Albert Einstein

Albert Einstein
Albert Einstein

Albert Einstein adalah salah satu ilmuwan dunia yang paling terkenal. Berkat penemuan-penemuan yang ia temukan, seperti teori relativitas, efek fotolistrik, gerak brown, persamaan massa dan energi, dan lain sebagainya, membuat nama Einstein dikenal dunia.

Berkat penemuannya tesebut, seluruh dunia mengetahui tentang dirinya. Namun, ternyata masa kecilnya dilalui dengan jalan terjal. Bahkan einstein baru bisa berbicara di usia 4 tahun, dan untuk membaca pada usia 7 tahun, bahkan ia pernah dianggap cacat mental.

Dengan kerja kerasnya di ilmu fisika, Albert Einstein mendapat hadiah penghargaan Nobel. Hambatan-hambatan yang menimpa dirinya dijadikan sebagai kekuatan untuk meraih kesuksesan.

Thomas Alva edison

Thomas Alva Edison
Thomas Alva Edison

Thomas Alva Edison adalah orang yang menciptakan bohlam lampu. Namun sebelum berhasil menciptakan bohlam, Edison telah melakukan percobaan sebanyak 9.000 kali untuk menjadi bohlam lampu.

Ia menekankan bahwa setiap kegagalannya yang pernah dilakukan bukanlah kegagalan. Ia terus memotivasi diri bahwa kesuksesannya semakin dekat.

Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti
Susi Pudjiastuti

Siapa yang tak kenal dengan menteri kelautan dan perikanan, ibu Susi Pudjiasuti. Mungkin hampir semua masyarakat di Indonesia kenal dengan dirinya. Susi Pudjiastuti adalah menteri yang paling nyentrik dibanding dengan menteri-menteri lainnya.

Siapa sangka, bahwa Susi Pudjiastuti hanyalah memiliki ijazah SMP untuk menjadi menteri. Ia pernah keluar atau drop out waktu di SMA. Dan ia memilih untuk terjun di dunia bisnis.

Tapi jalan yang dia ambil tidak selalu berjalan dengan baik dan mulus. Ketangguhan dan kemauan untuk terus belajar, membuat karakter Susi Pudjiastuti menjadi pebisnis yang andal. Kini Susi Pudjiastuti telah sukses menjadi pengusaha dan juga mengemban amanatnya sebagai menteri kelautan dan perikanan.

Nadiem Makarim

Nadiem Makarim
Nadiem Makarim

Yang terakhir dari daftar ini adalah Nadiem Makarim. Siapa yang tak kenal dengan pendiri Gojek Indonesia. Sebuah ojek daring yang kini melayani di berbagai kota di Indonesia. Tak hanya ojek saja, tapi Gojek saat ini memiliki belasan layanan yang bisa digunakan oleh pelanggannya.

Sebelum sukses seperti sekarang, Go-Jek pada awal berdiri pernah vakum selama setahun lebih dan terancam tutup. Tapi dengan keyakinannya, Nadiem mampu meraih sejumlah pendanaan dari investor penting.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.