Kiat Menghemat untuk Anak Kost
Kiat Menghemat untuk Anak Kost

Menjadi anak kost itu berbeda banget loh dibanding dengan saat kamu tinggal di rumah orang tua. Jika kehidupanmu di rumah serba kecukupan, nyaman, dan lain sebagainya. Tapi jika kamu menjadi anak kost, kamu harus bisa bertahan dengan segala kondisi yang ada. Maka, kamu harus pintar dalam mengelola keuangan.

Bukan hal yang baru lagi, jika kalian sering menemui meme-meme di internet mengenai anak kost. Meme tersebut menggambarkan bahwa di awal bulan makan enak di restoran, minggu selanjutnya di warung kaki lima, selanjutnya mi instan, dan di akhir bulan makan promag. Duh, menyedihkan bukan?

Menjadi anak kost diharuskan untuk berpikir kreatif. Hal ini agar keuanganmu bisa terjaga dari awal hingga akhir bulan. Oleh karena itu, sebagai anak kost, kamu harus melakukan beberapa kiat dari Smangap.com agar kondisi keuanganmu stabil.

5 Kiat Menghemat Uang untuk Anak Kost

Kurangi Makan di Luar

Makan di restoran
Kurangi Makan di restoran

Kiat pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengurangi makan di luar atau restoran. Sebenarnya ini juga berlaku untuk selain anak kost juga. Mereka yang sudah berumah tangga pun juga harus mengurangi makan di luar.

Kiat ini adalah yang paling manjur dan sangat terasa. Sebab jika kamu makan di luar, bisa dipastikan kondisi keuanganmu akan habis di akhir bulan.

Dengan mengurangi makan di luar, artinya kamu harus rajin memasak. Tapi ingat, saat memasak, kamu tidak boleh bermewah-mewahan. Buat masakan yang secukupnya saja. Boleh-boleh saja makan di luar, tapi jangan terlalu sering, ya.

Belanja Sebulan Sekali

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan belanja sebulan sekali. Mengapa demikian? Karena dengan melakukan langkah ini, niat menghemat kamu akan sukses.

Kamu bisa belanja di awal bulan dan beli semua kebutuhan bulananmu. Jika kamu belanja setiap hari, malah menjadi boros. Percaya deh dengan langkah ini.

Bandingkan Sebelum Membeli Barang atau Kebutuhan

Membandingkan Harga
Membandingkan Harga

Dengan adanya internet dan gampangnya membandingkan harga, maka kamu sebagai anak kost wajib melakukan ini. Membandingkan harga dari satu toko ke toko lainnya.

Selain membandingkan harga, saat membeli barang, juga harus sesuai kebutuhan. Yang perlu diingat satu hal lagi adalah, jangan sering-seing untuk mengunjungi toko online.

Hasilkan Uang Sendiri

5 Ide Bisnis Online yang Tepat Bagi Generasi MilenialSebagai anak kost, kamu dituntut untuk kreatif. Nah untuk itu, kamu harus bisa menghasilkan uang sendiri. Banyak sekali kok pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu dapatkan di internet. Misalnya seperti menulis, desain, bisnis online, dan lain sebagainya.

Dengan mengambil pekerjaan paruh waktu, kamu bisa menambah jumlah pundi-pundi uang bulananmu.

Pilih Kuota Internet yang Murah

Disadari atau tidak ternyata jatah untuk membeli kuota internet itu penting. Yang harus kamu lakukan adalah, pilah dan pilih operator mana yang memang cocok dengan kondisi keuanganmu. Jangan memaksakan untuk membeli jenis paket data yang mahal, tapi di akhir bulan kamu tidak bisa makan.

Tips lain adalah, sebisa mungkin kamu mencari kost yang menyediakan fasilitas wifi. Sekarang sudah banyak kok kost-kostan yang menyediakan wifi. Jadi lebih pintar dan teliti saja saat mencari kost, ya.

Nah itulah 5 kiat untuk kamu anak kost agar kondisi keuanganmu bisa bertahan hingga akhir bulan.

LEAVE A REPLY

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.