5 kesalahan bisnis online
5 kesalahan bisnis online

Saat ini dengan majunya teknologi, dan apa-apa serba digital, maka banyak orang yang terjun di dunia digital, khususnya bisnis online. Bisnis online menjadi salah satu usaha yang menggirukan. Melihat tren masyarakat yang saat ini lebih suka berbelanja melalui online, maka bisnis online terus bermunculan.

Bisnis online adalah salah satu bisnis yang menjanjikan. Hal ini bisa kita lihat bahwa masyarakat khususnya di kota-kota besar di Indonesia, lebih memilih belanja melalui online dibanding dengan offline.

Namun, mendirikan bisnis online itu tidak mudah. Apalagi jika dikelola secara asal-asalan, pasti akan sulit untuk bertahan dan berkembang. Tidak mau kan, bisnis online yang baru didirikan, tapi hancur di tengah jalan? Oleh karena itu, ketika kamu ingin mendirikan bisnis online, ketahui hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Berikut ini Smangap.Com akan memberikan beberapa kesalahan bisnis online yang harus kamu hindari, agar bisnismu ke depannya lebih maju dan berkembang.

Slow Response

Kesalahan fatal pertama yang harus kamu hindari dalam menjalani bisnis online adalah slow respons atau respon yang lambat. Bisnis online atau semua yang berbau dengan online, identik dengan cepat, mudah, dan murah.

Jika kamu memiliki bisnis online, dan sangat lambat dalam merespon konsumen, maka bisnismu tidak akan lama lagi akan tutup. Sebagai penjual, seharusnya kamu harus tanggap terhadap pembeli atau pertanyaan pembeli, karena mayoritas pembeli menginginkan kecepatan.

Menghindari keterlambatan respon, kamu bisa menggunakan fitur customer service. Jika masih kecil, kamu bisa mensiasati dengan fitur chat yang langsung tersambung dengan smartphone.

Tidak Respect dengan Keinginan Pembeli

Kesalahan selanjutnya yang tidak boleh dilakukan oleh pelaku bisnis online adalah tidak adanya respect terhadap keinginan pembeli. Pelaku bisnis menutup telinga dengan keinginan konsumen atau pembeli, dan tidak mau mendengarnya.

Dengan hal itu, pembeli lama kelamaan akan berhenti untuk order, sehingga kamu kehilangan salah stau pelanggan. Mungkin jika hanya ada satu pelanggan, tidak akan terasa. Akan tetapi jika ada puluhan, bahkan ratusan pelanggan, maka bisnismu akan merugi dan tutup.

Maka dari itu, kamu harus bisa mendengar atau mengamati testimoni dari pelanggan. Sebab, testimoni ini sangat penting untuk kelangsungan bisnis onlinemu.

Salah Mengidentifikasi Masalah

Setiap menjalankan bisnis, baik offline maupun online, pasti akan menghadapi masalah kecil atau besar. Untuk bisa mengembangkan bisnis sesuai harapan, kamu bisa mengidentifikasi mana yang penting untuk dicari solusi dan mana yang tidak penting.

Proses eliminasi inilah yang harus dipikirkan matang-matang oleh seorang pelaku bisnis, agar bisnisnya bisa berkembang.

Tidak Mampu Bersaing dengan yang Lain

Kesalahan selanjutnya yang tidak boleh dilakukan oleh pelaku bisnis online adalah tidak mampu bersaing. Bisnis online identik dengan kreatif, inovatif, dan cepat. Maka jika kamu tidak bisa bersaing dengan pesaing, bisnis onlinemu lama kelamaan akan tergilas oleh zaman dan ditinggalkan oleh para pelanggan.

Perfectionist

Yang terakhir adalah perfectionist. Memang benar, setiap pelaku bisnis memiliki konsep, sifat, dan strategi masing-masing dalam menerapkan bisnisnya. Namun, kamu sebagai pelaku bisnis terkadang harus meninggalkan sikap perfectionist.

Sebab dalam dunia bisnis tidak ada yang sempurna. Maka kamu harus terus belajar dan mampu memperbaiki dari waktu ke waktu.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.