Menghemat Biaya Pernikahan
Menghemat Biaya Pernikahan

Hai teman-teman, siapa di sini yang saat ini sedang merencakan pernikahan dalam waktu dekat? Menikah itu harus dipikirkan dengan matang loh, karena menikah hanya sekali seumur hidup.

Oleh karena itu, menikah juga salah satu bentuk komitmen kita terhadap pasangan. Untuk mempersiapkan pernikahan, harus tahu beberapa cara, agar pernikahanmu bisa berjalan lancar.

Sebelum melakukan pernikahan, yang perlu kamu siapkan adalah mental dan biaya. Mentalnya menggebu, tetapi biayanya tidak ada, juga percuma. Jika kondisi kita sedang sulit keuangan, maka kamu harus melakukan beberapa cara agar pernikahanmu bisa berjalan dengan baik.

Sebenarnya bisa kok menikah tanpa modal, kamu bisa datang ke Kantor Urusan Agama (KUA) atau ke kantor Catatan Sipil. Namun, budaya menikah di Indonesia untuk persoalan menikah, tak hanya sah saja. Tapi lebih dari itu.

Bahkan banyak yang menghabiskan ratusan juta rupiah untuk menggelar resepsi pernikahan. Ada juga yang mengundang puluhan orang dan bahkan ratusan orang.

Tapi, ya jangan ngedown mengenai biaya pernikahan. Untuk itu, jika kamu dan pasangan, saat ini sedang merencanakan pernikahan, ketahui beberapa tips agar biaya pernikahanmu bisa lebih hemat.

Seserahan

Seserahan
Seserahan

Meski adat setiap kota di Indonesia berbeda-beda, tapi dalam hal pernikahan, adatnya banyak yang menyerupai. Misalnya pada seserahan. Ketika ingin menjalani proses pernikahan, sebelumnya harus menjalani terlebih dahulu dengan lamaran.

Lamaran di Indonesia biasanya dilakukan sekitar 3 hingga 6 bulan sebeum pernikahan dilangsungkan. Nah pada saat melamar, calon mempelai pria biasanya memberikan seserahan kepada calon mempelai perempuan.

Apa sih filosofi dari seserahan? Seserahan adalah simbol bahwa pria sanggaup dan mampu bertanggung jawab untuk mencukupi kebutuhan. Isi dari seserahan biasanya adalah kebutuhan sehari-hari seperti baju, kosmetik, tas, dan lain sebagainya.

Dengan isi seserahan dari berbagai jenis, maka sudah dipastikan akan mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Tapi, untuk mensiasati hal ini, kamu bisa membeli barang di toko-toko online atau offline dengan membanding harganya.

Membandingkan harga akan membuat kamu lebih hemat dibanding kamu langsung membeli suatu produk.

Lokasi Resepsi Pernikahan

Saat ingin mengadakan pesta atau resepsi pernikahan, umumnya akan menggunakan rumah atau menyewa gedung. Jika kamu memilih untuk menyewa gedung, maka akan mengeluarkan budget yang tidak sedikit. Misalnya untuk menyewa gedung pernikahan itu sebesar 10 juta. Belum termasuk dengan biaya dekorasi dan kebersihannya.

Untuk itu, jika kamu memiliki biaya minim, maka lebih baik untuk menggelar pesta pernikahan di rumah untuk menghemat biaya. Kamu hanya mengeluarkan biaya untuk dekorasi dan kebutuhan untuk sewa bangku dan tenda.

Tapi meski demikian, yang perlu diingat adalah, ketika kamu menggelar pesta di rumah, jangan sampai mengganggu kenyamanan banyak orang dan apalagi menutup jalan.

Cincin Pernikahan

Cincin pernikahan adalah salah satu yang harus dipersiapkan oleh seorang calon pengantin. Meski di agama tidak mewajibkan, tapi cincin juga menjadi salah satu bukti dari pernikahan. Harga sepasang cincin tentunya mahal, baik emas, perak, maupun paladium.

Oleh karena itu, untuk menghemat biaya, kamu bisa mensiasati dengan mencampur dengan bahan lain. Simpel bukan?

Menghemat Souvenir

Ternyata souvenir itu meski sepele, juga bisa memakan budget yang lumayan. Untuk itu, kamu saat memilih souvenir, harus lebih kreatif. Barang unik dan bermanfaat juga bisa membuat terkesan para tamu undangan.

Kamu bisa memberikan bibit tanaman, tanaman hias, atau bahkan kopi racikan sendiri. Souvenir unik itu tidak dinilai dari harga, kok.

Bulan Madu

Bulan Madu
Bulan Madu

Jika kamu memiliki budget pas-pasan, tapi ingin melakukan bulan madu. Tak ada salahnya jika kamu mensiasatinya dengan cerdas. Kamu bisa berangkat bulan madu dengan menghindari musim liburan.

Selain itu juga pesan tiket jauh-jauh hari. Cari destinasi bulan madu yang tidak jauhh, tapi cari yang nyaman dan tenang.

LEAVE A REPLY

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.