5 Ide Bisnis Online yang Tepat Bagi Generasi Milenial
5 Ide Bisnis Online yang Tepat Bagi Generasi Milenial

Saat ini bisnis online merupakan bisnis yang sangat menggiurkan. Banyak orang kini pindah dari bisnis offline ke online. Bahkan perusahaan yang sudah mapan dan besar juga banyak yang migrasi usahanya ke online.

Mengapa saya bilang bisnis yang menggiurkan? Sebabnya bisnis online tidak terbatas oleh wilayah. Jika kamu membuka usaha offline, misalnya buka toko pakaian, maka yang datang untuk membeli adalah orang-orang sekitar toko kamu.

Berbeda hal jika kamu membuka bisnis online, misalnya toko pakaian online. Maka pembeli bisa datang dari mana saja, bahkan bisa dari seluruh dunia.

Namun dengan kemudahan seperti itu, apakah mendirikan bisnis online itu mudah? Tentunya dengan tegas, saya bilang; sulit. Karena saat ini sudah banyak bisnis online yang bertebaran di internet.

Tapi, apakah sesulit itu? Dan kita sebagai generasi milenial tidak memiliki kesempatan untuk terjun dalam bisnis online? Ternyata kesempatan masih terbuka lebar dan keuntungannya tidak terbatas.

Nah kali ini saya akan memberikan 5 ide bisnis online yang tepat bagi generasi milenial. Mungkin di salah satu ide, kamu bisa mencobanya. Tapi yang namanya berbisnis itu harus tahan mental dan mengeluarkan tenaga ekstra.

Karena ketika sudah memilih terjun ke bisnis, mindset atau pola pikirnya harus diubah. Sebab, dunia bisnis akan berbeda jauh dengan ketika kamu menjadi pekerja.

Jika kamu pekerja atau karyawan, maka setiap bulan pasti akan menerima upah atau gaji. Berbeda dengan ketika kamu bisnis, maka pendapatan tidak akan tentu. Terkedang besar, terkadang kecil, terkadang tidak mendapat apapun. Bahkan mendapatkan kerugian.

5 Ide Bisnis Online yang Tepat Bagi Generasi Milenial

Menjadi Dropshipper

Jika kamu belum memiliki modal, maka saya sarankan untuk membuka bisnis dengan cara dropshipper. Tunggu dulu, dropshipper ini berbeda dengan reseller loh.

Perbedaan dropshipper denngan reseller adalah, jika kamu reseller maka harus mengeluarkan modal untuk membeli barang dagangan terelebih dahulu. Nah jika kamu jadi dropshipper, kamu tak perlu modal untuk membeli dagangan.

Bagaimana sih konsep dropshipper? Jadi begini, kamu menjual pakaian atau barang milik distributor kepada pembeli. Nanti jika pembeli sudah membayar barang yang kamu jual, barang tersebut akan dikirim oleh distributor atas namamu. Jadi, kamu tak perlu keluar modal untuk bisnis ini.

Untungnya dari mana? Sederhananya, kamu mengambil untung dari selisih harga yang kamu cantumkan pada toko onlinemu.

Membuka Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Website
Jasa Pembuatan Website via: digitalic.id

Ide yang kedua adalah dengan membuka jasa pembuatan website. Namun ide ini khusus untuk kamu yang mampu membuat website. Jika kamu mampu, maka keahlianmu ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang.

Kamu bisa membuka jasa pembuatan website untuk toko online, website e-commerce, perusahaan, atau blog pribadi. Jika kamu terjun ke bisnis ini, kamu bisa memulai dengan mengambil proyek-proyek kecil terlebih dahulu. Jika bisnisnya sudah berjalan bagus, barulah kamu bisa mengambil proyek dengan skala yang lebih besar.

Membuka Jasa Desain Grafis

Jasa Desain Grafis
Membuka Jasa Desain Grafis

Jika kamu suka mendesain dan memiliki kemampuan pada bidang ini. Maka kamu sangat tepat untuk memulai bisnis dengan membuka jasa desain grafis.

Kamu bisa membuka jasa pembuatan berupa logo, poster, banner, kartu nama, kartu undangan pernikahan dan lain sebagainya. Banyak sekali bukan? Jasa yang bisa kamu tawarkan. Nah untuk memulainya, kamu terlebih dahulu membuat portofolio di website pribadi maupun di akun instagram.

Sosial Media Influencer

Nah bisnis ini sedang berkembang bagus di Indonesia. Karena sosial media itu sangat berpengaruh, sebab hampir seluruh pengguna internet memiliki sosial media.

Dengan memiliki sosial media, kamu bisa menjadi influencer untuk mendapatkan penghasilan. Influencer adalah seorang yang mampu memepengaruhi pengguna sosial media lain melalui unggahan yang dibuat. Contoh yang saat ini sedang trending adalah selebgram atau youtuber. Penghasilan dari influencer sangat menggiurkan.

Jual Foto

Ide bisnis kelima yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjual foto. Jika kamu suka jalan-jalan dan memiliki hobi fotografi, maka ini adalah kesempatan yang terbaik untuk dijadikan bisnis.

Kamu bisa menjual karya fotomu melalui banyak cara, salah satunya adalah melalui website yang memang khusus menjual foto seperti shutterstock.com istockphotos.com, dan lain sebagainya.

Dalam menjalani bisnis ini, kamu harus giat mencari tahu mengenai foto yang banyak diinginkan oleh masyarakat.

 

Itulah 5 ide bisnis online yang tepat bagi generasi milenial yang bisa kamu lakukan. Ingat, berbisnis itu memerlukan mental baja. Jadi jangan gampang menyerah, ya.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.