Saat membeli barang atau produk, mungkin teman-teman di sini lebih suka dengan brand luar negeri dibandingkan dengan produk lokal. Karena mindset di masyarakat bahwa produk luar negeri lebih bagus dibanding dengan produk lokal. Padahal tidak semuanya seperti itu. Pemikiran seperti ini bisa benar dan bisa salah. Tidak bisa dipukul rata.

Sebenarnya dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, produk Indonesia juga tidak kalah bagus kok kualitasnya. Bahkan beberapa produk dari Indonesia bisa mendunia dan lebih bagus dibanding dengan produk luar negeri.

Tapi kamu tidak sadar ternyata produk yang mendunia tersebut berasal dari Indonesia. Apa saja sih? Yuk simak artikel Smangap di bawah ini.

5 Brand Indonesia yang Mendunia, Apa saja?

Polygon

Tahukah kamu, bahwa produsen sepeda bernama Insera Sena (Sudoarjo) dulunya memproduksi sepeda tanpa merek mulai dari tahun 1989. Produksi sepeda tersebut bahkan diekspor hingga ke 5 benua di dunia.

Namun kini mereka memproduksi dengan merek sendiri yakni Polygon. Hingga saat ini, Polygon terus berkembang pesat dan sudah digunakan di berbagai negara di dunia.

Selain itu, sepeda Polygon juga digunakan oleh tim maupun atlet sepeda kelas dunia. Di antaranya adalah Orange Monkey, Polygon UR Team, dan lain sebagainya.

Hoka-Hoka Bento

Hoka Hoka Bento
Hoka Hoka Bento

Kamu pasti mengira bahwa produk atau brand ini berasal dari negara Jepang. Ternya perkiraanmu salah. Sebab Hoka-Hoka Bento berasal dari Indonesia.

Restoran cepat saji bertema Jepang ini ternyata restoran dari perusahaan Indonesia. Hoka-Hoka Bento didirikan pada 18 April 1985 oleh Hendra Arifin di Jakarta. Kini Hoka-Hoka Bento telah go internasional hingga ke Asia.

Lea Jeans

Lea Jeans
Lea Jeans

Nah ini pasti mayoritas yang belum tahu, kamu akan menjawab bahwa produk ini dari luar negeri. Ternyata tebakanmu salah. Lea Jeans adalah salah satu merek jeans terbaik yang berasal dari Indonesia.

Mungkin karena logonya mirip bendera Amerika, makanya banyak yang mengira bahwa Lea Jeans adalah buatan Amerika. Yang menambah seperti dari luar negeri adalah model-modelnya menggunakan model asing.

The Executive

Meski nama brandnya berbahasa inggris, ternyata brand The Executive adalah prduk dari Indonesia. Brand fashion ini sering kamu temukan di pusat-pusat perbelanjaan di Indonesia khususnya di kota-kota besar.

The Executive diproduksi pertama kali di Bandung yang didirikan oleh Johanes Farial dengan nama PT Delami Garment Industries. Hingga saat ini, The Executive sudah merambah negara lain, seperti Malaysia dan lain sebagainya.

J.CO Donuts and Coffe

Dan produk terakhir yang mendunia adalah J.CO Donuts and Coffee. Dengan nama yang memakai bahasa inggris, maka banyak orang yang mengira bahwa produk ini adalah produk asing.

Brand ini dimiliki oleh Johny Andrean grup dari tahun 2006. Kini cabang toko J.CP sudah merambah ke berbagai negara di Asia seperti Singapura, Filipina, Tiongkok, dan Malaysia.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.