10 Tips Packing Koper Yang Harus Diketahui Traveler
10 Tips Packing Koper Yang Harus Diketahui Traveler

Nemu tanggal merah berjejer di kalender tuh dipake liburan. Biar kenalan sama budaya orang. Jangan cuma dipake tiduran doang.

Menemukan tanggal merah berjejer adalah anugerah untuk para pekerja. Nah, saat menemukan anugerah, haruskah anugerah itu hanya disambut dengan tiduran di rumah? Jika ada kesempatan berlibur kenapa tidak?

Berbicara tentang liburan, pastinya kamu ingin mempersiapkan segala dengan sempurna. Tiket perjalanan, tiket hotel, itinerary, dan barang-barang yang hendak di bawa saat liburan, semua perlu kamu siapkan dengan matang.

Nah, ngomongin tentang barang-barang yang hendak dibawa saat liburan, kamu pasti pernah mengalami kebingungan saat menata barang bawaan karena terbatasnya ruang, takut banget gak muat. Padahal ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan ntuk menghemat dan menggunakan ruang koper yang sempit sebaik-baiknya dengan menerapkan tips-tips di bawah ini.

10 Tips Packing Koper Yang Harus Diketahui Traveler

  1. Jangan ditumpuk, tapi digulung

Meletakkan pakaian ke dalam koper seperti biasa kamu meletakkan di dalam lemari, adalah sebuah kesalahan. Cara ini bisa memakan banyak ruang koper kamu. Biasakan, saat mengepak pakaian ke koper, lipatlah baju yang tipis seperti kaos, kaos kaki, celana dalam seperti biasa. Lalu gulunglah lipatan tadi seperti lipatan dadar gulung. Usahakan gulung dengan kencang sampai tak menyisakan celah.

10 Tips Packing Koper Yang Harus Diketahui Traveler
10 Tips Packing Koper Yang Harus Diketahui Traveler
  1. Gunakan Vacuum Bag

Hendak traveling dan ingin koper kamu bisa muat banyak? Gak ada salahnya gunakan Vacuum bag atau kantong kedap udara untuk membawa jaket, baju anak, dan barang lembut lainnya. Cara ini dapat mengerutkan ukuran-ukuran baju tersebut. Atau, kamu juga bisa menggunakan vacuum bag untuk baju kotor yang sudah kamu pakai saat liburan.

  1. Gunakan Prinsip “Piramida”

Prinsip piramida di sini adalah prinsip yang meletakkan barang-barang kecil terlebih dahulu lalu diikuti dengan barang yang berat. Caranya, pertama letakkan sepatu di setiap pojok koper, lalu letakkan gulungan baju yang lebih kecil terlebih dahulu di setiap ruang kosong. Lalu letakkan barang-barang yang mudah pecah seperti kosmetik di bagian tengah agar terlindung dari benturan. Untuk piramida paling atas, letakkan barang yang lebih besar seperti jaket, jeans atau gaun.

  1. Bawalah kosmetik dalam ukuran mini

Biasakan saat traveling membawa kosmetik dalam ukuran mini atau travel size karena selain dapat menghemat ruang kopermu, hal ini juga dapat mengurangi beban koper.

  1. Jangan biarkan barang-barang kecil berceceran

Saat kamu traveling, tentunya kamu ingin selalu terlihat cantik sehingga ingin selalu membawa asesoris namun kamu takut berceceran karena bentuknya yang kecil. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan pillbox sebagai tempat penyimpanan cincin, kalung, gelang, anting dll.

  1. Bawalah obat-obatan secukupnya

Untuk menghindari gal-hal yang tidak diinginkan seperti sakit ketika dalam perjalanan atau liburan, obat-obatan adalah salah satu barang yang wajib di bawa saat traveling. Tapi, disarankan bawalah obat-obatan secukupnya, sesuai porsi yang kamu butuhkan.

  1. Gunakan ruang seefisien mungkin

Saat kamu masih melihat ada ruang kosong, isi ruang kosong itu dengan gempalan kertas atau semacamnya. Jangan dikosongkan untuk perjalanan pulang untuk meletakkan oleh-oleh. Karena ruang kosong bisa menyebabkan benturan benda-benda di dalamnya.

  1. Bawalah ekstra tas ransel

Saat kamu mengharuskan membawa laptop atau kamera, bawalah selalu ekstra tas ransel untuk menyimpa barang-barang penting agar bisa dibawa ke dalam pesawat dengan mu.

  1. Pakai baju yang paling berat saat berangkat

Memakai baju yang paling berat saat berangkat, bisa mengurangi space dan beban kopermu. Jadi, jika kamu hendak membawa jaket, jangan ragu untuk menggunakannya saat berangkat.

  1. Bawalah barang-barang yang benar-benar dibutuhkan

Inilah yang paling penting saat kamu menyusun barang yang hendak dibawa traveling. Kamu harus bisa menentukan mana barang yang penting mana yang tidak cukup penting. Karena jika kamu membawa barang berlebihan, ruang di dalam koper tidak akan cukup dan tentunya beban kopermu jadi sangat berat. Usahakan bawalah barang-barang yang benar-benar dibutuhkan

Itu lah beberapa cara yang bisa kamu lakukan ntuk menghemat dan menggunakan ruang koper yang sempit. Semoga bisa kamu praktikan saat liburan nanti. Selamat berkemas, selamat berkelana wahai kaki.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.